Upacara Ngedeblag di Bali, Tradisi Unik Mirip Halloween Khas Pulau Dewata

Halloween menjadi tradisi yang kini banyak dilakukan di berbagai negara, tampil dengan kostum yang mengerikan. Namun, tahukah Anda bahwa di Bali, ada pula tradisi serupa, namanya Upacara Ngedeblag di Bali. Dalam tradisi ini, masyarakat Bali berlomba-lomba tampil dengan penampilan yang tak kalah mengerikannya dibandingkan pada tradisi Halloween.

Upacara Ngedeblag di Bali bisa dibilang merupakan tradisi Halloween lokal yang menjadi ciri khas dari masyarakat Pulau Dewata. Dalam tradisi ini, warga akan hadir dengan tampilan yang berbeda, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Mereka mencoba untuk tampil dengan dandanan yang seram ataupun bahkan lucu yang kemudian melakukan arak-arakan berkeliling desa.

Arak-arakan ini bukanlah pawai biasa. Pada arak-arakan tersebut, masyarakat akan membawa air suci. Selanjutnya, mereka juga akan membawa barong sakral dengan disertai membunyikan kentongan, gamelan, serta beragam jenis perabotan rumah tangga. Setelah sampai di ujung desa, sepasang barong yang sebelumnya telah dibawa, mendapatkan upacara khusus.

Sumber : www.kintamani.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *