Menghadapi Musim Hujan

Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Pada musim kemarau, cuaca tidak begitu berbeda, atau seditaknya tidak berubah secara drastis. Karena pada musim hujan matahari tetap bersinar dengan terik dan panasnya juga tetap menyengat.

1 Perbaiki rumah yang bocor

Langkah pertama untuk mengantisipasi musim hujan adalah dengan memperbaiki bagian yang bocor pada atap rumah. Walaupun tidak mudah untuk membenahi kebocoran rumah pada musim panas, namun hal tersebut tetap bisa dilakukan dengan mengidentifikasi tempat-tempat yang dicurigai.

  1. Bersihkan selokan

Selokan atau parit di depan rumah bisa menjadi sarang nyamuk pada musim panas. nyamuk-nyamuk tersebut biasanya berbentuk larva dan akan menetas pada musim hujan. Agar nyamuk tidak menetas pada musim hujan, sebaiknya kamu mulai membersihkan selokan atau parit yang kira-kira airnya tergenang.

Selain itu, cara ini juga akan bermanfaat untuk melancarkan selokan agar pada musim hujan nanti air tetap bisa mengalir dengan lancar dan tidak menyebabkan kebanjiran.

  1. Bersihkan semak belukar dan rumput-rumput di sekitar rumah

Jika pada musim panas rumahmu dikelilingi rumput dan semak belukar, tidak menutup kemungkinan bahwa di musim hujan nanti, rumput dan semak belukar tersebut akan semakin tumbuh subur dan tinggi.

Untuk mengantisipasi agar nyamuk tidak bersembunyi di sana, sebaiknya kamu mulai membersihkan semak belukar tersebut.

  1. Jelajahi sekeliling rumah

Mulailah terlebih dahulu dari dalam rumah. Bersihkan semua tempat yang dapat menampung air seperti ember, bak mandi, atau tempayan. Setidaknya kuras bak mandi seminggu sekali untuk menghindari jentik-jentik nyamuk yang ada.

Tempat-tempat yang sulit dibersihkan seperti tandon sebaiknya diberikan abate atau obat anti nyamuk untuk air yang aman.

Selain di dalam rumah, kamu juga harus menyisir sekeliling rumahmu untuk menemukan benda-benda yang sekiranya dapat menampung air. Botol bekas, kaleng bekas cat, atau benda-benda yang berbentuk seperti mangkok sebaiknya disingkirkan atau dikubur.

Karena semua benda yang dapat menampung air berpotensi mempermudah nyamuk berkembang biak pada saat musim hujan nanti.

Sumber : www.twinchannelid.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *