Tips Berbelanja di Tanah Abang

1. Pilih waktu berbelanja yang tepat

Berbelanja di waktu yang tepat akan membuat Anda lebih leluasa dalam menemukan barang yang diidamkan. Sebagai informasi, kawasan bisnis Mangga Dua buka sejak pukul 8 pagi, walaupun ada juga toko yang sudah buka pada pukul 07.00. Perlu diingat sebagian besar toko di kawasan belanja ini tutup sekitar jam 6 sore. Menjelang magrib. toko-toko sudah mulai tutup. Sebagian toko ada yang bertahan sampai pukul 8 malam.

2. Barang bawaan seperlunya

Jangan membawa banyak barang bawaan dari rumah saat berbelanja di Pasar Tanah Abang maupun di Mangga Dua. Sebab nantinya Anda akan kerepotan untuk membawa barang hasil belanjaan. Cukuplah membawa barang-barang penting saja, seperti uang, kartu ATM, atau bolehlah handuk kecil. Bawa semua keperluan Anda dalam tas kecil saja.

3. Buat daftar belanja

Kawasan belanja Tanah Abang dan Mangga Dua sangat luas. Sebelum pergi, sebaiknya buat terlebih dahulu daftar barang yang akan Anda beli. Sehingga dari daftar tersebut, Anda tahu mana prioritas barang yang Anda anggap lebih penting. Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda beli terlebih dahulu, tentu akan menghemat waktu saat mencari kios yang menjual barang yang akan Anda beli. Siapkan pula uang sesuai dengan daftar barang yang akan Anda beli.

4. Bawa uang tunai

Tidak semua kios di kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang memiliki alat pembayaran untuk kartu kredit atau kartu debet. Jadi siapkan juga uang tunai yang cukup. Jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Jika uang tunai Anda habis, jangan panik, gerai-gerai ATM menyebar di tempat-tempat belanja.

5. Awas copet !

Hati-hatilah saat berbelanja di dua tempat belanja tersebut. Baik kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang selalu ramai dipadati pengunjung. Diantara pengunjung ada yang berniat mencopet. Sebaiknya sebarkan uang Anda di beberapa tempat, misalnya di dompet, tas, dan kantung. Jangan taruh semua uang di dompet atau pada satu tempat. Dan jangan taruh dompet di saku belakang.

6. Bawa tas belanja

Jika Anda hanya berbelanja dalam jumlah kecil, bukan grosiran, ada baiknya Anda membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain. Gunanya adalah, saat belanja, biasanya barang pembelian Anda akan ditaruh di kantong plastik ukuran kecil.

7. Menawar sebelum membeli

Untuk mendapatkan harga barang yang murah biasakan menawar sebelum membeli. Namun menawarlah seperlunya saja, karena harga di Mangga Dua maupun Tanah Abang rata-rata sudah murah.

8. Belanjalah dalam jumlah banyak

Biasanya di beberapa kios Tanah Abang dan Mangga dua memang menawarkan harga lebih murah jika membeli secara grosiran, misalnya beli minimum 1 lusin.

9. Cari kios langganan

Jalinlah hubungan yang baik dengan pedagang. Jika Anda menemukan pedagang yang cocok, setelah berbelanja lakukan sedikit perbincangan dengan pedagang tersebut. Jadilah langganan jika Anda sudah cocok dengan barang maupun pedagang di kios tersebut. Dengan menjadi pelanggan tetap, mereka tidak akan segan memberikan prioritas informasi barang baru dan kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga spesial.

10. Penginapan untuk pengunjung luar kota

Jika Anda datang dari luar daerah Jakarta, menginap di seputar Mangga Dua ataupun Pasar Tanah Abang menjadi pilihan yang paling tepat. Apalagi bila memang tujuan utama Anda adalah untuk berbelanja.

Sumber : www.salamov-rijadic.blogspot.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *