Tidak stres di pagi hari

  • Tidur lebih awal di malam hari

Tidur malam selama 7 jam adalah hal yang tidak boleh dilewatkan setiap hari. Cukup tidur di malam hari tak hanya memberikan energi keesokan harinya, tapi juga menjadi regulator mood kita sepanjang hari berikutnya.

  • Singkirkan smartphone

Tidak ada yang lebih layak untuk dipenuhi kebutuhannya di pagi hari selain diri kita sendiri—bukan kepentingan orang lain. Jadi, urusan membaca status di media sosial dan update terbaru tentang meeting hari ini adalah sesuatu yang sebaiknya ditunda sampai kita sudah sarapan dan berpakaian rapi.

  • Minum yang hangat

Teman saya selalu memilih teh di pagi hari, sedangkan saya bukan penggemar teh. Saya mengakali ini dengan tetap mengonsumsi kopi favorit menjelang beraktivitas. Namun, pagi sekali saat baru bangun tidur, saya membiasakan diri mereguk air perasan lemon hangat dan madu yang kaya akan vitamin C.

  • Sempatkan berolahraga

Sesibuk apa pun, jangan lupa untuk tetap “berkeringat” di pagi hari walau sesingkat 5 menit. Selain sehat buat tubuh, olahraga juga sehat buat jiwa. Tahu kan setelah berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, the feel good hormone, yang membuat kita merasa nyaman dan happy! Karena stres ternyata juga menimbulkan obesitas lho jika hormon endorfin tidak dikeluarkan!

  • Sarapan sehat adalah sebuah kewajiban

Ini juga hal yang sudah tak bisa ditawar-tawar lagi. Waktu yang singkat di pagi hari sering kali membuat kita tidak bisa menyiapkan makanan sehat. Padahal, sarapan yang sehat membuat tubuh memiliki cadangan energi memadai untuk aktivitas seharian dan kondisi ini memicu tubuh mengirimkan sinyal puas ke otak, bukannya sinyal stres. Cara simpel yang saya lakukan adalah dengan selalu menyediakan apel, pir, pisang, selada, timun, dan tomat dalam lemari es. Dengan begitu, saya tinggal pilih, mau sarapan club sandwich atau salad.

  • Dengarkan musik

Teman saya yang tidak memiliki ART selalu mengenakan earphone saat menyapu dan mencuci piring. Saya pun melakukan hal yang sama ketika bekerja di depan komputer. Katanya, mendengarkan musik favorit di pagi hari bisa mengurangi stres dan anxiety yang kadang merayapi pikiran tanpa mampu kita deskripsikan dalam kata-kata, seperti apa bentuk stresnya. Untuk yang satu ini, saya setuju!

  • Ikhlas

Ini adalah cara terakhir yang pailng ampuh untuk menjadikan pagi kita bebas stres. Makna ikhlas bukannya kita pasrah begitu saja terhadap keadaan, melainkan “rela menerima hasil akhir setelah sebelumnya sudah berusaha dengan sungguh-sungguh”. Ikhlas bisa juga berarti menerima yang tak dapat kita ubah. Pola pikir seperti ini yang akhirnya membuat kita mampu berdamai dengan stres, menjadikan tubuh sehat, dan tentunya jiwa yang lebih matang lagi.

Sumber : www.guesehat.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *