Thailand : Destinasi Wisata Populer Pasar Halal

Sumber Foto : www.halhalal.com

Thailand diakui sebagai tujuan paling disukai kedua di dunia oleh pelancong Muslim. Negara itu tepat berada di bawah Singapura dan urutan ke-18 di dunia dalam pilihan pasar halal oleh komunitas Muslim internasional.

Menurut Bangkok Post, survei tahunan yang dilakukan CrescentRating and Mastercard, Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 menunjukkan, Thailand mendapat 57 poin. Sementara Singapura mengantongi 65 poin terbanyak.

Data tahun lalu menunjukkan, kunjungan Muslim ke Thailand mencapai sekitar 3,6 juta wisatawan. Angka itu setara dengan sekitar 10 persen dari total kedatangan secara global. Karena tren peningkatan pariwisata halal di pasar Thailand, negara itu gencar mempromosikan proyek-proyek baru untuk lebih meningkatkan minat wisatawan Muslim.

Awal tahun ini, laporan Halal Travel Frontier 2019 menyarankan adanya inovasi teknologi dalam meningkatkan pasar dan pariwisata halal di negara itu. Pada 2015, Otoritas Pariwisata Thailand meluncurkan aplikasi Thailand Muslim Friendly yang membantu memenuhi kebutuhan segmen pariwisata halal. Harapannya, ada lebih banyak aplikasi untuk membantu memberikan informasi dan saran yang relevan kepada wisatawan dalam mencari fasilitas tempat ibadah dan restoran halal.

Pariwisata halal global diperkirakan akan berkembang sebesar seperempat miliar pada 2026, karena lebih banyak Muslim muda mengeksplorasi Asia.

Sumber : www.internasional.republika.co.id