Spotify Tutup Program Uji Coba untuk Musik Indie

Spotify memutuskan untuk menutup program uji coba yang memungkinkan musisi indie mengunggah lagu mereka langsung ke platform music tersebut pada 30 Juli 2019. Melansir Variety, program tersebut telah membuat Spotify kesulitan dalam memantau hak – hak cipta dalam pendistribusiannya dan pada saat yang bersamaan Spotify juga ingin mendukung para mitra distributornya.

Pertama kali diluncurkan pada September 2018, program ini bertujuan untuk memberikan cara sederhana bagi musisi tanpa kontrak untuk membagikan musik mereka dan mendapat bayaran. Nantinya para musisi indie harus bekerja sama dengan para distributor yang telah disetujui untuk bisa diunggah ke platform Spotify, jika mereka belum memiliki label yang menaunginya.

Para musisi indie tersebut perlu mendaftar dengan perusahaan distribusi Spotify yang disetujui, yang menyediakan akses langsung ke platform Spotify for Artists, seperti DistroKid, CD Baby dan EmuBands. Dalam kerja samanya nanti akan meliputi pengurusan izin, distribusi dan pembayaran royalty. 

Sumber : www.tirto.id