Sosialisasi Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi

Abang none Penyelenggaraan Kegiatan Sosialisasi Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi, selama 3 hari, yang berlangsung pada tanggal 21, 22, 23, April 2019, telah berjalan dengan lancar. Kegiatan Sosialisasi Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi ini adalah salah satu kegiatan promosi Seni budaya Betawi sekaligus mempromosikan Perkampungan Budaya Betawi kepada masyarakat Lokal Setu Babakan dan masyarakat DKI Jakarta dalam rangkaian acara diskusi, worshop kuliner dan kesenian, jelajah kampung dan kunjungan museum. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Budaya Betawi yang hidup dan berkembang di Perkampungan Budaya Betawi, kepada masyarakat Jakarta.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) kepada tokoh/ pimpinan masyarakat/ lembaga/ komunitas se-DKI Jakarta, yang diharapkan dapat memfasilitasi/ menarik kunjungan masyarakat yang lebih besar ke Perkampungan Budaya Betawi. Serta menumbuhkan dan meningkatkan rasa memiliki bagi partisipan masyarakat lokal Perkampungan Budaya Betawi untuk melestarikan Budaya Betawi di Kampungnya dan berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemajuan kebudayaan di lingkungannya.

Peserta kegiatan ini  terdiri dari Komunitas dan Institusi yang bergerak dibidang pendidikan, budaya dan pariwisata, dengan jumlah total peserta sebanyak 600 orang yang dibagi dalam enam hari. Peserta Sosialisasi mengikuti beberapa kegiatan seperti:

  1. Diskusi tentang Budaya Betawi dan Sejarah Perkembangan Perkampungan Budaya Betawi dengan Narasumber dari Akademisi dan Anggota Forum Jibang PBB.
  2. Workshop Kuliner Betawi seperti : membuat Kerak telor, Kue Kembang Goyang, Bir Pletok di Zona A.
  3. Workshop Permainan Anak Betawi, Menari dan bermain Gambang Kromong di Zona A.
  4. Jelajah Kampung Betawi dengan naik Delman, menyaksikan/ membuat batik di Zona B, menyaksikan pembuatan Dodol Betawi di rumah penduduk, membuat ondel-ondel mini di Zona Embrio, berjalan kaki menyusuri kampung dan terakhir kembali ke Zona A untuk meninjau Museum Betawi.
  5. Khusus untuk Peserta dari warga Kawasan Perkampungan Budaya Betawi ada Lomba Pembuatan Bir Pletok.

Acara Pembukaan dilakukan oleh Kepala UPK Perkampungan Budaya Betawi, Ibu Hj.Rofiqoh pada tanggal 21 April 2019. Dan pada acara Penutupan Sosialisasi Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi pada hari Selasa, tanggal 23 April 2019, ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Bapak DR. Edy Junaedi, Msi.

Sumber : Kepala UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan