Sompo Holdings Group Selenggarakan Acara Penyelesaian Program Magang LSM untuk Siswa Tahun Pertama di Jakarta, Indonesia

Sumber Foto : pressrelease.kontan.co.id

PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance), anggota dari Sompo Holdings Group di Jepang, mengumumkan bahwa organisasi asosiasinya, Sompo Japan Nipponkoa Environment Foundation (selanjutnya disebut “SJNKEF”; berlokasi di Shinjuku, Tokyo, Jepang; Presiden: Masaya Futamiya) mengadakan acara penyelesaian Program Pembelajaran Magang LSM di Indonesia untuk siswa tahun pertama. Acara tersebut berlangsung di AYANA Midplaza, Jakarta pada Kamis, 31 Oktober 2019.

SJNKEF adalah yayasan non-profit yang telah menyediakan program tersebut di Jakarta sejak Februari 2019. Program ini mengirim beberapa mahasiswa sarjana dan pascasarjana Indonesia untuk kerja magang di beberapa LSM lingkungan yang beroperasi di pinggiran Jakarta. SJNKEF dalam acara ini merayakan selesainya periode kerja magang para siswa tersebut dengan para LSM yang berpartisipasi di program tersebut.

Program Magang Pembelajaran LSM bertujuan untuk membantu siswa Indonesia memperdalam pemahaman tentang berbagai masalah lingkungan, termasuk perubahan iklim dan konservasi hutan. Pemahaman ini akan memperluas kesadaran mereka tentang pekerjaan yang dilakukan oleh LSM lingkungan untuk mengatasi masalah tersebut. SJNKEF meluncurkan program magang serupa di Jepang pada tahun 2000 yang telah berhasil menarik lebih dari 1.000 peserta hingga saat ini. Dengan menerapkan pengalaman dan pengetahuan dari menjalankan program di Jepang ini, SJNKEF telah bekerja untuk mendukung para siswa Indonesia untuk dapat berkembang menjadi pemimpin masa depan dan dapat dengan mudah menemukan pekerjaan yang cocok sejak program ini dimulai pada Februari ini.

Menurut kantor Forum Pendidikan Lingkungan Jepang (JEEF) Bogor sebagai operator program lokal yang dipercaya, 20 siswa yang dipilih dari lebih dari 140 siswa setelah peninjauan aplikasi dan wawancara dengan LSM, telah menghabiskan masa waktu kerja magang hingga 75 hari, antara Februari dan September di salah satu dari sepuluh LSM, termasuk WWF, di pinggiran Jakarta. Selain terlibat langsung di kegiatan konservasi lingkungan LSM terkait, siswa juga bertukar pandangan melalui interaksi dengan sesama siswa lainnya, saat menghadiri pertemuan siswa bulanan dan di kamp kerja semalam yang diadakan di Taman Nasional Gunung Halimun-Salak pada bulan Agustus lalu.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, masalah lingkungan, termasuk deforestasi dan pengelolaan limbah, telah muncul dekat dengan rumah kita, dan minat dalam karir di LSM lingkungan telah meningkat di kalangan para siswa. Melalui program magang ini, SJNKEF berharap dapat membantu siswa memperdalam pemahaman mereka tentang masalah lingkungan dan menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja dan memilih jalur karier mereka. SJNKEF berencana untuk mulai menerima aplikasi baru berikutnya untuk Program Magang Pembelajaran LSM dalam waktu dekat. Informasi lengkap seputar cara aplikasi dan kegiatan Program Magang Pembelajaran LSM, dapat diakses pada laman www.sjnkef-internship.co.id .

Sumber : PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance)