Presiden Joko Widodo Mewacanakan Gerakan Pakai Sarung

Presiden Joko Widodo mewacanakan gerakan pakai sarung. “Minimal sebulan sekali secara bersama seluruh masyarakat Indonesia”,demikian disampaikan Presiden Jokowi Di sela mengunjungi Festival Sarung Indonesia 2019 yang digelar di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta,Minggu (03/03/2019)

Presiden didampingi ibu negara  Iriana Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, presiden tampak mengenakan sarung Donggala, kain tenunan sutera dari daerah pesisis Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sarung  yang diproduksi oleh para pengrajin di Indonesia merupakan kekayaan budaya yang tidak dimiliki negara lain. Karena itu, ia berharap agar nantinya sarung bisa dipakai secara serentak oleh seluruh masyarakat Indonesia di hari tertentu dalam satu bulan.

“Dari provinsi yang kita miliki, semuanya memproduksi sarung. Ada yang berupa tenun, songkot, batik, dan jenis-jenis sarung lainnya. Ini adalah sebuah kekayaan budaya yang tidak dimiliki negara lain. Oleh sebab itu, saya mengajak nantinya setiap hari tertentu dalam satu bulan, kita pakai sarung bersama-sama. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali,” kata Jokowi.

Menurut Presiden sarung yang merupakan kekayaan budaya harus ditempatkan pada tempat yang baik. Memakai sarung merupakan bentuk penghargaan atas karya dan produksi para pengrajin sarung.

Festival Sarung Indonesia 2019 yang baru pertama kali digelar ini diinisiasi oleh Pokja Tolerasi bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Smesco Indonesia, para aktivis pemerhati budaya dan kebhinekaan, serta mendapatkan dukungan dari Kementerian-kementerian dan Lembaga pemerintahan terkait.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Festival Sarung Indonesia, IGK Manila menyampaikan, festival ini dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia, serta membangkitkan kebanggaan masyarakat terhadap sarung sebagai salah satu identitas pengrajin sarung .

Selain pameran sarung dari berbagai provinsi di Indonesia, Festival Sarung Indonesia 2019 juga menghadirkan diskusi dan talkshow, karnaval sarung, serta fashion show sarung dari para desainer dan mahasiswa jurusan fashion.

Sumber : Alidin – Kemendikbud