Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Nyang Lagi Tayang


Polisi batasi pergerakan masyarakat di perbatasan timur Jakarta

Written by on 31/12/2020

Jakarta (ANTARA) – Petugas Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur menyekat kendaraan pada lima lokasi perbatasan wilayah timur Jakarta guna mengantisipasi pergerakan masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun 2020.

“Mengingat kegiatan malam pergantian tahun baru malam ini, tidak seperti tahun-tahun yang lalu. Tahun ini dilaksanakan program ‘car free night’ dan ‘crowd free night’ di wilayah Jakarta,” kata Kasat Lantas Polrestro Jakarta Timur Kompol Telly Bahute di Jakarta, Kamis.

“Car free night” dan “crowd free night” merupakan strategi kepolisian dalam mengantisipasi pergerakan orang menggunakan kendaraan menuju Jakarta.

Program tersebut diterapkan melalui mekanisme penutupan akses jalan hingga penempatan pos cek poin untuk mengawasi masyarakat.

Lokasi pertama berada di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Seluruh kegiatan di dalam lingkungan ditutup untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Namun dari Simpang Garuda sampai Pintu I TMII masuk dalam kategori pengendalian ketat. Tidak boleh ada kendaraan yang melintas,” ujar Telly.

Lokasi kedua berada di sepanjang Jalan Banjir Kanal Timur (BKT). Petugas mensterilkan kawasan tersebut dari keberadaan pedagang maupun pengunjung.

Ruas jalan di lokasi tersebut ditutup menggunakan “barrier” yang dipasang berderet menutup akses jalan.

Polisi juga membuat tiga pos cek poin, yakni di kawasan Panasonic, Simpang Lampiri, dan Gerbang Elang Bondol yang merupakan area perbatasan wilayah Jakarta dengan Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Ketiga pos cek point penyekatan ini untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta. Namun tetap mengalir,” tutur Telly.

Apabila petugas mendapatkan aktivitas konvoi yang melibatkan kendaraan dalam jumlah yang banyak, kata Telly, maka mereka akan diarahkan untuk memutar balik.

“Karena di wilayah DKI Jakarta tidak ada kegiatan pergantian malam tahun baru,” ungkapnya.

Telly menambahkan petugas gabungan juga dikerahkan untuk menyisir seluruh kawasan melalui patroli berskala besar untuk membubarkan kerumunan.

“Akan kita tes cepat kepada warga yang berkerumun dan penindakan hukum pelangaran protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: Awas, jalur protokol Bunderan HI hingga Harmoni ditutup

Baca juga: Ingat, Polda Metro sekat 11 titik perbatasan saat malam Tahun Baru

Baca juga: Polisi siapkan 20 pengalihan jalan imbas ditutupnya Sudirman-Thamrin

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber :https://www.antaranews.com/berita/1923076/polisi-batasi-pergerakan-masyarakat-di-perbatasan-timur-jakarta


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *