Perawatan Rambut Pria Agar Tetap Sehat dan Kuat

1. Jangan keramas setiap hari

Prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat adalah jangan terlalu sering keramas dengan sampo. Kebiasaan yang sering dilakukan pria adalah mencuci rambut terlalu sering dengan sampo, bahkan banyak yang mencuci rambutnya dua kali sehari karena tidak betah.

Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala Anda menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, Anda bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

2. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok

Jika Anda keluar beraktivitas dengan kondisi rambut yang basah, rambut jadi lebih mudah kusut. Maka itu, setelah menggunakan sampo dan conditioner, keringkan rambut dengan lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

3. Pakai conditioner juga

Soal conditioner, jangan asal pilih. Carilah conditioner yang mengandung protein dan mineral. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut pria dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

4. Rutin potong rambut

Perawatan rambut pria yang satu ini jangan sampai terlewat. Potong rambut adalah satu-satunya cara cepat menghilangkan rambut rusak. Maka itu, potonglah rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut

Menggunakan terlalu banyak produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering dan banyak justru membuat tampilan rambut Anda tidak terlihat alami.

Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan Anda sendiri jika tidak dikurangi.

6. Perhatikan juga asupan makanan Anda

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria.  Beberapa zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan rambut adalah protein, vitamin C, zat besi, dan vitamin E.

Sumber : www.hellosehat.com