Pemprov DKI Jakarta Gelar Gebyar Taman Benyamin Suaeb Guna Wujudkan Interaksi Lintas Komunitas Secara Mandiri

Sumber Foto : www.jakarta.tribunnews.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar acara Gebyar Taman Benyamin Suaeb di Gedung Eks Kodim 0505, Jatinegara, Jakarta Timur, pada 16 – 22 September 2018. Kegiatan ini untuk mewujudkan interaksi lintas komunitas secara mandiri, mengingat Taman Benyamin Suaeb dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas dan kreativitas seni, pelatihan hingga diskusi untuk pengembangan wawasan serta kolaborasi karya seni. Pemilihan momentum besar ini disesuaikan dengan bulan haul Benyamin Suaeb yang ke 24th, tepatnya pada 5 September 2018.

Untuk diketahui, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan kick off pada acara puncak, Sabtu, 22 September 2018, pukul 16.00 dengan menandatangani prasasti penetapan Gedung Bangunan Cagar Budaya Eks Kodim 0505 Jakarta Timur sebagai Taman Benyamin Suaeb. Dilakukan pula penyerahan hibah secara simbolis barang-barang koleksi Benyamin Suaeb dari perwakilan ahli waris kepada Gubernur Anies untuk koleksi Museum. Sementara itu, penyerahan hibah juga dilakukan secara simbolis dari Yayasan Benyamin Suaeb kepada Gubernur Anies berupa plakat Penghargaan Paramadharma, yakni penghargaan tertinggi dalam dunia kebudayaan yang diterima Benyamin Suaeb pada tahun 2011.

Gebyar Taman Benyamin Suaeb akan dimeriahkan oleh Bazar Oke Oce dan pagelaran aneka seni budaya Betawi mulai tarian, musik, workshop, pelatihan, dan media gathering serta pemutaran bioskop film-film Benyamin Sueb. Acara ini terselenggara atas kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai pihak terutama Yayasan Benyamin Suaeb, Lembaga Kebudayaan Betawi, Bamus Betawi, FBR, Gerbang Betawi, Baca Betawi, Pusaka Betawi, Askomik, Adventura Documentary Festival Academy (ADFA) yang secara sukarela ikut serta memeriahkan Gebyar Taman Benyamin Suaeb.

Pembangunan Taman Benyamin Suaeb merupakan Program Kegiatan Strategis Daerah tahun 2017 – 2022 sesuai Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.1042 Tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah. Taman Benyamin Suaeb diharapkan dapat sebagai pusat perawatan dan pengembangan kebudayaan Betawi dan pusat interaksi lintas komunitas yang didalamnya berdiri Museum Kebudayaan Betawi sejalan dengan telah dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1156 Tahun 2018 Tentang Penetapan Gedung Eks-Kodim 0505 di Jalan Bekasi Timur Nomor 73 Kota Administrasi Jakarta Timur Sebagai Taman Benyamin Suaeb, yang ditandatangani tanggal 9 Agustus 2018.

Sumber : DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK DKI JAKARTA

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *