Pembangunan Manusia Indonesia Menuju Pencapaian SDG’s

Peran Masyarakat Madani Mendukung Percepatan Pembangunan Manusia Indonesia Menuju Pencapaian SDG’s

Salah satu 9 agenda prioritas nawacita pada kabinet kerja Pemerintahan Republik Indonesia aadalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia (cita ke 5)
Keberhasilan Pembangunan kualitas hidup manusia diukur dengan menggunakan indikator IPM ( Index Pembangunan Manusia) yang terdiri daru 4 variabel :
1. Angka harapan hidup
2. Harapan tahun bersekolah
3. Rata-rata waktu bersekolah
4. Pendapatan Nasional Bruto Perkapita
UNDP melaporkan nilai IPM Indonesia naik signifikan dari 47,40% tahun 1980 menjadi 68,40% tahun 2015, kenaikan selama 35 tahun ini sebesar 44,3%, posisi Indonesia berada pada 111 dari 118 negara, sejak rahun 2012 sampai 2015 peringkat Indonesia tetap stagnan.
Sasaran SDGs khusus nya goal 1-7 yang tidak lain adalah kelanjutan dari target MDGs dalam hal bagaimana mewujudkan pembangunan manusia, jelas Sekretaris Utama Nofrijal pada acara Seminar Nasional Kependudukan dan Pembangunan di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Agenda yang belum selesai dalam MDGs tidak dapat dilepaskan dan diabaikan begitu saja karena sasaran tersebut juga termuat dalam bebberapa target SDGs.
Konversi terjadi antara nawa citadengan RPJMN dan SDGs dimana tujuan global sebagian besar telah tercermin dalam agenda nasional. Mengintegrasikan SDGs secara eksplisit dalam kebijakan nasonal untuk perencanaan, penganggaran dan pengaturan kelembagaan baik ditingkat nasional dan daerah, imbuh Nofrijal
Langkah yang paling penting diambil adalah merancang mekanisme partisipatif untuk masyarakat sipil, sektor swasta organisasi filantrofi untuk menggalang dukungan terhadap SDGs dan prioritas pembangunan nasional, tutup Nofrijal.

Sumber : Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *