Payung Terbang Gang Bhakti

Jalan Bhakti, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, saat ini punya nuansa yang berbeda. Tepat di RT 6 dan RT 12 kamu bisa melihat deretan payung bergantung pada seutas kawat yang melintang di Jalan Bhakti.

Suasana asri juga terasa di jalan kecil tersebut. Gagasan menghiasi jalan itu muncul dari Ketua RW 10, Kelurahan Tugu, Ady Supratikto (54). Mulanya, Ady membina berbagai usaha kecil menengah warganya. Dia turun langsung melatih warga membuat berbagai produk panganan seperti telur asin dan tempe selepas menjabat Ketua RW pada Januari 2017.‎

Ady mulai mencari-cari konsep menarik agar pengunjung berdatangan. Tak hanya itu, dia mengunjungi kampung warna-warni di Malang, Jawa Timur, pada Januari 2018.

Di sana, dia melihat beberapa kampung tematik yang mengangkat keunikan warna dan lukisan tiga dimensi. Kunjungan itu memuncukan ide kreatif Ady.

Akhirnya, gagasan tersebut terwujud. Warga melakukan kerja bakti mulai mengecat tembok dan jalan. Namun, tembok dan jalan yang berlumur cat belum memuaskan Ady. Pasalnya, kampung yang mengusung konsep warna dan lukisan sudah ada di Depok.

Bermodalkan uang Rp 5 juta dari iuran warga, gang kecil itu berubah menjadi salah satu lokasi wisata alternatif Depok.‎ Payung dipilih untuk lebih menarik kedatangan pengunjung. Selain teduh, deretan payung beragam warna pun menjadi ciri tersendiri Jalan Bhakti.

          Sumber Foto : www.pikiran-rakyat.com

Kampung kreatif lain bisa ditemukan di Gang Kapuk, Pondok Cina. Warga melukis tembok rumah mereka dengan berbagai gambar yang mengangkat budaya betawi.

Munculnya kampung-kampung kreatif itu banyak diawali gagasan warga setempat. Dengan dana alakadarnya, mereka mampu menjadikan tembok rumah, jalanan menjadi media kreatifitas warga.

 

Penasaran???

Yuuk…jadwalin waktu kamu bersama keluarga, untuk mengunjungi Payung Terbang Gang Bhakti atau Lukisan Budaya Gang Kapuk, Depok.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *