Pameran Otomotif GIIAS Batal Digelar Agustus

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memutuskan menunda Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Tangerang yang rencananya akan digelar pada 7-17 Agustus. Penundaan ini berkaitan dengan efek virus corona (Covid-19) yang berlarut di dalam negeri.

“Rencananya akan diundur,” kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (4/5). Menurut Nangoi, Gaikindo bakal mengeluarkan keterangan resmi terkait penyelenggaraan GIIAS Tangerang pada pekan ini. Pihaknya dikatakan sedang memastikan banyak hal termasuk jadwal baru GIIAS Tangerang.

GIIAS pada tahun ini direncanakan bakal digelar di empat lokasi, yakni Surabaya (20-29 Maret), Tangerang (7-17 Agustus), Makassar (21-25 Oktober), dan Medan (25-29 November).

GIIAS Surabaya telah diputuskan dibatalkan karena kekhawatiran virus. Nangoi menjelaskan GIIAS Makassar dan Medan juga dibatalkan, itu berarti GIIAS pada tahun ini hanya akan fokus di penyelenggaraan di Tangerang.

Mundurnya penyelenggaraan pameran otomotif internasional terbesar di dalam negeri karena wabah virus corona merupakan salah satu indikasi tekanan pada industri. Gaikindo sebelumnya menyatakan prediksi penjualan mobil pada tahun ini hanya 600 ribu unit, padahal pada tahun lalu bisa mencapai lebih dari 1 juta unit. 

Sumber : www.cnnindonesia.com