Palang Pintu

palangpintu

Sumber : kumparan.com

Selain dikenal sebagai Ibu Kota Indonesia dan kota metropolitan, Jakarta juga identik dengan suku Betawi dan tradisinya. Namun tidak banyak orang yang tahu tradisi khas dan budaya Betawi, seperti Palang Pintu.
Budaya khas ini ditampilkan dalam acara tahunan Festival Palang Pintu, yang diadakan di kawasan Kemang Selatan, Jakarta Selatan. Tahun ini merupakan kali ke-12 festival ini diadakan.
Palang Pintu, merupakan tradisi asal Betawi yang dilakukan ketika pasangan muda mudi Betawi akan menikah. Sebagai permulaan, sebelum mempelai pria masuk, terlebih dahulu rombongan mempelai pria berjalan sambil melantunkan doa bersama iring-iringan rebana.
Saat kedua rombongan sudah berhadapan, perwakilan rombongan mempelai pria menghaturkan salam sembari mengajak perwakilan mempelai wanita berbalas pantun.
Namun, sebelum rombongan mempelai wanita mempersilakan rombongan mempelai pria masuk, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yaitu adu pukul alias silat dan sikeh alias mengaji.
Masing-masing rombongan mempelai pun menghadirkan jawaranya masing-masing yang dianggap jago silat. Masing-masing jawara dari kedua mempelai akan beradu silat sebagai syarat pertama yang harus dipenuhi. Disini, jawara dari mempelai pria harus menang agar bisa melewati palang pintu mempelai wanita.
Sesudah adu silat, pihak mempelai wanita pun meminta perwakilan dari pihak mempelai pria untuk sikeh atau mengaji sebagai syarat selanjutnya. Jika restu sudah didapat dari mempelai wanita, rombongan mempelai pria pun dipersilakan untuk memasuki palang pintu mempelai wanita sembari menyerahkan daun pandan dan bunga.
Wajib hukumnya bagi pihak mempelai pria untuk membawakan bingkisan, seperti roti buaya, parsel yang berisikan alat kosmetik, buah-buahan dan sayur-sayuran. Peserta Festival Palang Pintu ini pun, ada yang sengaja membawa kambing atau ayam yang masih hidup.
Sumber : kumparan.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *