Nyongkolan, Salah Satu Wisata Budaya Unik Yang ada di Lombok

Suku Sasak adalah suku asli pulau Lombok yang telah berada di pulau ini sejak dahulu kala, Suku ini banyak melahirkan tradisi – tradisi yang unik dan menarik untuk di ketahui seperti, tradisi nikah lari, nyongkolan, pembuatan rumah adat yang unik dan lain – lain.

Salah satu yang kita bahas kali ini adalah tradisi NYONGKOLAN, Tradisi ini adalah salah satu kegiatan untuk merayakan pernikahan masyarakat suku sasak seperti arak – arakan untuk mengantar pengantin ke rumah pengantin wanita di iringi bersama keluarga dan kerabat menggunakan pakaian adat khas suku Sasak dan lantunan irama Gendang Beleq.

Tujuan dari perayaan tradisi nyongkolan ini pada dasarnya adalah untuk memperkenalkan sekaligus memberitahu kepada kedua belah pihak yaitu pengantin pria dan wanita, bahwa yang bersangkutan telah resmi menjadi pasangan suami – istri. Suasana Nyongkolan di pulau Lombok ini terbilang sangat ramai, animo masyarakat Lombok untuk ikut merayakan suasana nyongkolan ini sangat luar biasa, mulai dari anak – anak, remaja, hingga orang tua, mereka menyatu padu dan membuat barisan rapi untuk mengiringi pengantin tersebut, sekaligus memperlihatkan kekompakan masyarakat suku sasak dalam hal tradisi.

Sumber : www.gadizalombok.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *