Novendra Priasmoro menjadi Grandmaster ke-8 Indonesia Setelah 16 Tahun Vakum

Novendra Priasmoro meraih gelar Grandmaster (GM) pada turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Ceko pada akhir Februari 2020. Selain memastikan gelar GM, Novendra juga berhasil keluar sebagai juara Liberec Open dengan mengumpulkan 8,5 poin dari sembilan babak.  Novendra menjadi Grand Master ke-8 Indonesia setelah 16 tahun. Gelar GM terakhir sebelumnya diraih oleh Susanto Megaranto pada tahun 2004.
Gelar GM diraih Novendra pada babak ke-7 turnamen Liberec Open setelah mencatat kemenangan untuk ketujuh kalinya secara beruntun dengan mengalahkan IM Klaudia Kulon yang memiliki rating 2335 dari Polandia . Kemenangan ini memastikan tambahan rating 11 poin bagi Novendra untuk memenuhi persyaratan rating GM sebesar 2500 dan menjadi GM ke-8 Indonesia.
Novendra Priasmoro meraih gelar Grandmaster adalah salah satu atlet binaan United Traktor (UT) melalui program ”UT Inspiring Youth”. “Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Novendra. Keberhasilannya dalam meraih gelar Grandmaster sekaligus menjadi juara turnamen Liberec Open membuktikan dukungan penuh UT dalam membina para generasi muda Indonesia, terutama atlet muda, untuk menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di dunia internasional. Kami harap pencapaian Novendra ini dapat menginspirasi masyarakat, terutama anak-anak muda, untuk mengembangkan potensi mereka dan meraih prestasi terbaik.” kata Frans Kesuma, Presiden Direktur PT United Tractors Tbk kepada awak media (6/3/2020) .
Sejak 2018, UT telah melakukan pembinaan kepada dua atlet catur muda sebagai bagian dari program UT Inspiring Youth yang bertujuan untuk memajukan olahraga catur Indonesia dengan target melahirkan Grandmaster catur baru. Selama dua tahun, kedua atlet mendapat pelatihan intensif, mengikuti berbagai turnamen catur dunia sena mendapat pembekalan psikologi olahraga.
Selain Novendra, atlet muda binaan UT Iain yaitu Aditya Bagus Arfan juga meraih prestasi baik dI turnamen Liberec Open dengan meraih kemenangan atas Aneta Korosciel (1968) dari Polandia di babak ke-9 dan menduduki peringkat ke-5 dengan 6,5 poin.
Saat ini Aditya memiliki gelar Candidate Master dan diharapkan dapat meraih gelar GM pada akhir tahun 2024.

Sumber : PT United Tractors Tbk – KM