Nettox Tangkal Candu Gadget

Sumber Foto : www.cnnindonesia.com

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan gadget jam tangan pintar (smart watch) yang berfungsi untuk mengatasi masalah kecanduan internet. Alat yang dinamakan Nettox Watch itu dianggap akan menjadi solusi, khususnya bagi para remaja.

Dikutip dari ui.ac.id, Nettox Watch dapat mendeteksi tingkat penurunan variabilitas detak jantung dan mencatat waktu aktivitas internet pengguna secara langsung (real time). Dengan demikian, akan muncul peringatan jika terjadi penurunan kondisi kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan.

Adapun, teknologi yang digunakan dalam Nettox Watch adalah terapi berbasis Biofeedback. Terapi itu menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh untuk memberi peringatan kesehatan kepada pengguna internet secara berlebihan, khususnya di ponsel.

Mahasiswa UI yang menciptakan alat tersebut antara lain, Irfan Budi Satria, Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik, Nabila Ayu Budianti, Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA, dan Alhuda Reza Mahara, Mahasiswa Teknik Komputer. Ketiga mahasiswa angkatan 2016 itu menciptakan smart watch di bawah bimbingan dosen Fakultas Teknik UI Eng Arief Udhiarto.

Menurut mereka, internet memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, seperti penurunan variabilitas detak jantung (HRV).

Sumber : www.cnnindonesia.com