Motor Tiba-Tiba Mogok?? Cek dulu…..

Periksa Kondisi Bahan Bakar

Tanpa bahan bakar, sepeda motor tidak dapat dinyalakan. Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan untuk menghindari mogok adalah dengan mengecek kondisi bahan bakar. Klep yang tersumbat oleh timbal akan menyebabkan sepeda motor mogok, jadi sebaiknya gunakan bahan bakar dengan kadar oktan diatas 92. 

Cek Kondisi Busi

Meski berukuran kecil, busi termasuk salah satu bagian yang penting pada motor lho. Pada umumnya, penyebab mogoknya sepeda motor, dikarenakan kondisi busi yang kotor. Kondisi busi yang kotor, bisa menyebabkan korsleting dan membuatnya cepat mati. Pemasangan busi juga berpengaruh terhadap ketahanan busi. Umumnya, busi bisa dipakai hingga mencapai enam ribu kilometer, tetapi tidak menutup kemungkinan jika busi rusak lebih cepat karena pemasangannya yang kurang tepat atau longgar.

Memastikan Kondisi Filter Udara

Pengapian juga membutuhkan udara dalam proses pembakaran, sehingga, jika kondisi filter udaranya kotor, udara yang masuk menjadi tidak maksimal. Nah, hal ini juga membuat motor mogok. Selain menjaga kondisi filter udara agar tetap bersih, kamu juga harus menjaga jangan sampai filter yang tadinya berfungsi sebagai penyaring, dibiarkan sampai terendam air dan terlalu kotor. 

Segera Cek Keadaan Aki

Motor bisa mati total merupakan imbas dari arus listrik ke ECU beserta fuel pump yang drop dikarenakan tekornya aki motor. Untuk mengecek aki saat mogok, kamu bisa lihat pada speedometer atau dengan menyalakan lampu sein. Namun, jika lampu tersebut mati, bisa dipastikan aki motor kamu akan segera habis.

Pantau Suhu Mesin

Saat mesin motor mengalami suhu terlalu tinggi melebihi keadaan normalnya atau bisa disebut overheat, hal ini juga dapat menyebabkan kemogokan. Ciri-ciri yang paling bisa kamu lihat jika motor mengalami overheat adalah motor tidak jalan saat di gas. Cara mengatasi mesin yang sedang mengalami overheat? Mudah-mudah sulit. Cukup matikan mesin motor hingga suhunya kembali normal. Saat overheat, sebaiknya motor tidak dipaksa jalan atau langsung ditambah cairan radiator coolant untuk mempercepat proses pendinginannya.

Sumber :  www.wahanaritelindo.com