Merawat Kuku Cantik

Batasi perawatan salon

Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh. Hal ini karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras saat di salon. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi kuku kronis atau bagian sekitar kuku seharusnya rata namun menjadi bengkak. Cobalah untuk melakukan perawatan kuku sendiri di rumah. Namun, jika Anda tetap memilih melakukannya di salon, sebaiknya membawa sendiri peralatan perawatan kuku Anda.

Lakukan perawatan kuku di rumah

Rawatlah kuku dengan menggunting ketika kuku sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.

Saat melakukan perawat kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam merawatnya. Jangan mendorong atau bahkan mengupas kutitula karena bisa merusak dan membuat kuku terkena infeksi.

Jangan terlalu sering menggunakan pengamplas kuku dan aseton

Terkadang mengamplas kuku bisa memudahkan kita dalam membentuk kuku dan membuatnya lebih cantik. Namun, alih-alih mendapatkan kuku cantik, menggunakan pengamplas kuku terlalu sering justru bisa membuatnya rusak. Kuku bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen.

Berikan perawatan alami

Guna mendapatkan kuku cantik, cobalah beberapa cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku dengan minyak zaitun yang hangat selama 15 atau 20 menit. Olive oil bisa membuat kuku lebih halus.

Rawat kuku cantik dari dalam

Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, Anda juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah susu, telur dan kacang-kacangan.

Sumber : www.alodokter.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *