Menyembuhkan Suara Serak

1.Jahe

                             Sumber Foto : Gudang Kesehatan

Jahe sudah dari jaman dahulu di kenal sebagai obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan suara serak. Jahe dapat menenangkan membran mukosa yg mengelilingi kotak suara dan meredakan peradangan. Jahe juga membantu mencegah infeksi pada saluran pernafasan pada bagian atas.

Caranya :

Rebuslah jahe 3 iris yang besarnya kurang lebih seperti ibu jari, kemudian rebus dengan dua gelas air, bisa di tambah gula atau madu. Minum tiga kali sehari agar suara serak anda cepat sembuh. Anda juga bisa dengan cara memakan permen jahe apabila mendesak.

 

2.Madu

Madu juga dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan suara serak, karena madu dapat menenangkan tenggorokan yg teriritasi dan mengurangi peradangan.

Caranya :

Konsumsilah madu murni satu sendok makan minimal tiga kali sehari untuk menjaga tenggorokan anda tidak kering.

 

3.Cuka Sari Apel

                 Sumber Foto : www.cukaapel.org

Dengan mengkonsumsi cuka sari apel juga dapat meringankan rasa sakit dan rasa gatal di tenggorokan anda. Karena cuka apel memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi untuk mengobati radang tenggorokan, salah satu penyebab paling umum dari suara serak.

Caranya :

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian meminumnya tiga kali sehari.

 

4.Berkumur dengan air Garam

Cara yang sangat mudah untuk menyembuhkan suara serak adalah dengan berkumur air garam. Garam dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan dan air hangat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Caranya :

Tambahkan satu sdm garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian aduk sampai garamnya larut. Gunakan ini untuk berkumur tiga kali sehari.

 

5.Pengobatan dengan Uap

              Sumber Foto : Obat Obatan Tradisional

Penyebab dari suara serak yang paling umum adalah karena keringnya tenggorokan. Dengan pengobatan uap ini akan membantu meringankan gangguan pada tenggorokan anda.

Caranya :

Pertama ambil air kemudian panaskan dalam panci sampai mendidih, tambahkan beberapa minyak lavender, chamomile dan minyak esensial thyme. Pada saat mendidih hiruplah uap dari rebusan tersebut, lakukan dua kali sehari.

 

 

6.Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin c. Kandungan inilah yang mampu memerangi penyebaran infeksi pada tenggorokan. Jeruk nipis juga dapat melembabkan tenggorokan, mengurangi nyeri dan peradangan.

Caranya :

Campurkan 1 sendok makan madu, satu sendok makan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Aduk rata campuran tersebut,kemudian minum dua kali sehari.

Pilihan lain adalah dengan memeras satu jeruk nipis dengan ½ cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur setidaknya dua kali sehari. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk cara ini.

 

7.Bawang Putih

                Sumber Foto : www.tribunnews.com

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan untuk menyembuhkan suara serak. Bawang ini dapat mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Caranya :

Ambil satu siung bawang putih, kemudian kunyah dan telan. Dengan mengkonsumsi ini akan  mengurangi iritasi dan mempromosikan penyembuhan.

 

Selamat mencoba…..

Sumber : www.cahsingorojo.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *