Menjaga Kesehatan Hati

                 Sumber Foto : suntparinte.md

1. Imunisasi sejak dini

Hepatitis, sebuah jenis peradangan hati, dapat dicegah dengan pemberian imunisasi sejak dini. Misalnya, imunisasi hepatitis B yang diberikan sejak bayi lahir dan dilakukan dalam beberapa tahap. Begitu pun vaksin hepatitis A yang berfungsi mencegah kita terjangkit penyakit tersebut. Bawa bayi dan anak Anda ke dokter atau sarana kesehatan setempat seperti Posyandu untuk mendapatkan vaksinasi secara teratur.

2. Minum air yang banyak

Air adalah salah satu bagian penting yang berpengaruh di dalam fungsi tubuh kita. Air membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Tetapi perlu juga diperhatikan, apabila Anda sudah mengalami sirosis yaitu hati yang mengalami pengerutan, pengurangan cairan perlu dilakukan agar tubuh Anda mengandung terlalu banyak cairan.

3. Makan makanan bergizi

Pengaturan makanan, baik secara jenis dan jumlah yang tepat, dapat membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, kita pun membantu meringankan kerja hati. Fatty liver atau perlemakan hati terjadi karena kita tidak mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang kita makan.

4. Hindari alkohol

Alkohol dapat menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang, alkohol juga dapat menyebabkan kanker hati. Oleh sebab itu, hindari konsumsi alkohol demi kesehatan hati kita.

5. Hati-hati dalam mengonsumsi obat

Hati berfungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas, misalnya obat demam, obat batuk dan suplemen tubuh, dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Bila kita tidak berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen, hal tersebut akan memperberat kerja hati. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, sebelum memulai terapi atau mengonsumsi suplemen tertentu.

Sumber : www.hellosehat.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *