Menjaga Kesegaran Buah & Sayur Di Dalam Kulkas

Posisi kulkas sebagai tempat penyimpanan bahan makanan yang utama di rumah tentunya sangat vital. Dibilang vital karena semua bahan makanan di dalam nantinya akan diolah untuk keperluan membuat hidangan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Besarnya kapasitas kulkas juga sering dimanfaatkan untuk menyimpan bahan makanan bulanan yang biasanya menyesaki isi kulkas. Dengan begitu bahan makanan berupa sayuran dan buah-buahan seringkali layu dan kehilangan kesegarannya.

Seringkali kita berpikir bahwa mencuci sayur dan buah-buahan sebelum memasukkannya ke dalam kulkas adalah hal yang baik, tapi ternyata anggapan itu salah, mencuci sayuran menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang biak dan mempercepat kebusukan. Memotong bagian sayuran yang telah layu dan menyingkirkan bagaian akar dapat menjaga kualitas kesegaran sayur agar tahan lama. Usahakan menyimpan sayur dan buah di rak yang berbeda karena walaupun di suhu dingin buah akan tetap mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat kebusukan, akibatnya sayuran yang terkena zat ini juga akan lebih cepat membusuk.

Dengan mempertahankan kesegaran bahan-bahan makanan artinya kualitas nutrisi dan gizi dalam sayuran dan buah-buahan akan tetap terjaga sampai diolah.

Sumber: www.liputan6.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *