Mengobati Gondongan

Berikut upaya-upaya yang bisa kita lakukan agar gondongan cepat sembuh:

Istirahat Cukup

Pasien harus banyak istirahat sampai demam turun. Kurangi juga berbicara agar otot-otot sekitar rahang yang dekat dengan kelenjar parotis bisa istirahat dan ini bisa mengurangi rasa sakit.

Minum Obat Demam dan Antinyeri

Sumber Foto : www.ibu-hamil.web.id

Cara cepat untuk mengatasi sakit pada gondongan adalah dengan meminum obat penghilang rasa sakit dan sekaligus penurun demam. ada banyak contoh obat dijual bebas yang memiliki kedua manfaat di atas, seperti ibuprofen atau parasetamol, untuk meringankan rasa sakit dan demem. Bagi anak-anak yang berusia dibawah 16 tahun tidak boleh diberikan aspirin untuk mengtasi demam dan rasa sakit.

 

 

Makan Makanan Lunak

Karena saat mengalami gondongan Anda akan merasakan sakit saat mengunyah dan menelan, maka makanlah makanan lunak atau makanan cair. Tapi apa pun yang Anda makan, pastikan bahwa itu mengandung gizi yang tinggi; karena jika tidak, nanti malah akan menunda proses penyembuhan. Beberapa pilihan makanan lunak dan sehat termasuk bubur beras, bubur ayam, oatmeal semi-cair, sup sayuran dan sup ayam, kaldu jus Buah yang tidak asam seperti apel, nanas, anggur juga sangat baik untuk memberikan nutrisi kepada pasien guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Banyak Minum

Ketika badan demam, maka ada banyak cairan yang menguap sehingga tubuh kita membutuhkan lebih banyak cairan. Oleh karena itu bagi yang sedang mengalami gondongan perbanyaklah minum cairan, tapi hindari minuman yang asam seperti jus buah yang rasanya asam karena dapat mengiritasi kelenjar parotis; air putih biasanya merupakan cairan terbaik untuk diminum.

Kompres Dingin dan Hangat

umber Foto : www.rimanews.com

Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan penyakit gondongan, gunakanlah kompres es pada daerah yang bengkak. Rasa dingin akan memberikan efek pati rasa sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Kompres hangat juga bermanfaat, celupkan kain handuk di air hangat dan terapkan pada daerah yang bengkak seperti di sekitar telinga, garis rahang dan leher. Ini akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Penerapan kompres hangat  dan dingin setiap 2-3 jam selama 10-15 menit akan membawa bantuan yang cukup besar. Pasta Jahe Jahe mengandung sifat anti-inflamasi. Menerapkan pasta yang terbuat dari jahe yang ditumbuk halus dan ditambah sedikit air, lalu terapkan pada daerah yang bengkak akan memberikan manfaat dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Gel Lidah Buaya

Aloe Vera gel adalah obat gondongan alami yang efektif untuk meredakan rasa sakit. Anda bisa memperoleh gel aloe vera dengan membuka daun segar dari tanaman lidah buaya. Gosokkan gel pada daerah yang meradang setelah menambahkan sedikit bubuk kunyit sebanyak dua atau tiga kali sehari. Dalam beberapa hari, rasa sakit dan pembengkakan akan hilang.

Cara Mencegah Penularan Gondongan

Sumber Foto : www.caratercepat.com

Jika Anda atau anak Anda memiliki gondongan, penting untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar, terutama kepada orang yang mungkin memiliki kekebalan tubuh yang lemah atau yang belum divaksinasi MMR. Cara terbaik untuk mencegah penularan antara lain:

Penderita tidak boleh masuk sekolah, perguruan tinggi atau bekerja sampai lima hari setelah gejala awal muncul. Mencuci tangan secara teratur, menggunakan sabun dan air mengalir.

Selalu menggunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, dan membuangnya di tempat sampah segera setelah itu.

Jadi intinya, bahwa tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan gondongan, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. self limiting disease!

Sumber : www.mediskus.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *