Menghilangkan Rasa Gugup

                       Sumber Foto : www.go-dok.com

1. Melatih napas

Yang pertama adalah melatih napas. Latih napas anda. Buang napas, tarik napas, buang napas. Itu penting. Karena dengan menarik napas dalam-dalam (take a deep breath), akan membuat anda menjadi rileks, membuat anda lebih tenang, dan menghilangkan rasa gugup. Kalau perlu, buang sekuat tenaga. Itu akan menghilangkan rasa gugup. Karena yang seperti itu akan membuat anda bisa tampil dengan lebih percaya diri.

2. Afirmasi atau auto suggestion (sugesti)

Yang kedua, afirmasi atau auto suggestion (sugesti). Misalnya dengan mengatakan “Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa!”.

3. Berlatih

Yang ketiga ini penting sekali. Tidak ada yang namanya gugup jika anda berlatih. Orang itu bisa karena terbiasa. Ulangi kata-kata saya. Bisa karena terbiasa. Dan tidak ada orang yang bisa tanpa berlatih.

4. Prepare for the worst (bersiaplah untuk yang terburuk)

Yang keempat, yaitu prepare for the worst (bersiaplah untuk yang terburuk). Prepare artinya adalah persiapan. Sahabat entrepreneur, ini penting sekali. Tidak ada kesuksesan tanpa adanya ‘PERSIAPAN’.

5. Berdoa

Dan yang terakhir, ini yang paling penting. Hal ini yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Yaitu berdoa. Dengan anda berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, niscaya akan mengurangi rasa gugup anda.

Sumber : www.successbefore30.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *