Menghilangkan Bau di Rumah Setelah Banjir

Sumber Foto : www.sharingdisini.com

1. Jemur barang yang terendam
Bersihkan barang-barang yang terendam banjir. Barang-barang itu dapat dibersihkan dengan kain lap atau menggunakan detergen jika memang diperlukan. Jangan menggunakan kaporit. 

Barang-barang yang berbahan kain seperti baju atau karpet dapat ditambahkan dengan pewangi.

Setelah itu, keringkan dan jemur barang yang terendam banjir. Cahaya matahari dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab bau.

2. Sikat lantai
Selain barang-barang, bau juga berasal dari lantai yang sudah tergenang banjir. Sikat lantai dengan menggunakan pembersih hingga ke setiap sudut, pastikan lantai benar-benar bersih dari sisa tanah maupun kotoran yang terbawa banjir.

Setelah itu, lantai dapat dipel dengan menggunakan cairan pewangi dan anti kuman.

3. Bersihkan tempat pembuangan
Bersihkan pula tempat pembuangan yang ada di rumah. Misalnya, saluran air di wastafel dan kamar mandi, serta selokan di depan rumah. Saluran air yang kotor dan tersumbat pascabanjir dapat menjadi sumber bau yang menyebar ke seluruh rumah.

4. Essential Oil
Gunakan minyak esensial untuk mengharumkan rumah. Essential oil mampu memberikan wangi dan aroma yang segar pascabanjir.

Selain itu, minyak esensial juga memiliki sifat penyembuh yang baik untuk orang-orang di rumah. Tersedia banyak pilihan aroma minyak esensial yang dapat dipilih. Wangi favorit diantaranya adalah lavender, mawar, dan lemon.

Sumber : www.cnnindonesia.com