Mengeringkan Buku yang Basah

1. Singkirkan air dengan menggoyang dan mengelap buku. Saat mengeringkan buku yang basah, langkah yang akan diambil ditentukan oleh tingkat kebasahannya. Jika buku Anda benar-benar basah hingga airnya menetes, pertama-tama Anda harus menyingkirkan kelebihan air dari bagian luar buku semaksimal mungkin. Tutup buku dan goyangkan perlahan untuk menyingkirkan cairan dari bagian luarnya. Lanjutkan dengan mengelapkan kain atau tisu ke sampul buku.

  • Jangan buka buku Anda terlebih dahulu. Kertas pada buku yang sangat basah akan menjadi sangat rapuh sehingga mudah sobek.
2. Hamparkan beberapa lembar tisu. Selanjutnya, hamparkan beberapa lembar tisu polos (tidak berwarna) di tempat yang kering dan datar. Pilihlah tempat yang aman bagi buku selama mengering.

3. Tegakkan posisi buku. Ambil buku yang basah dan letakkan di atas tisu sehingga berdiri tegak. Langkah ini mungkin mudah dilakukan pada buku bersampul keras. Anda hanya perlu membuka sedikit sampul buku (tanpa memisahkan halamannya) hingga bisa berdiri tegak tanpa disangga. Untuk buku bersampul kertas, langkah ini mungkin sedikit sulit dilakukan. Anda tentu tidak ingin buku melengkung selama mengering. Jadi, jika perlu gunakan sandaran buku atau pemberat untuk menyangga buku sehingga bisa berdiri tegak.

4. Letakkan lembaran tisu ke dalam sampul buku. Selanjutnya, ambil dua lembar tisu (atau jika tidak ada, gunakan lap kering dan tipis) kemudian selipkan ke dalam masing-masing sampul buku. Tisu sebaiknya Anda letakkan di antara sampul dan halaman pertama dan terakhir bagian dalam buku.
5. Biarkan buku. Setelah menata seluruh tisu, cukup biarkan buku berdiri tegak. Bahan penyerap dalam tisu seharusnya bisa segera menarik kelembapan dari dalam buku.
6. Ganti tisu sesuai kebutuhan. Periksa perkembangan kondisi buku setiap sekitar satu jam. Tisu yang menyerap kelembapan dari buku lama-kelamaan akan jenuh dan tidak bisa menahan cairan lebih banyak lagi, jadi gantilah dengan tisu kering yang baru. Jika menggunakan spons, peraslah dan kembalikan ke tempatnya di bawah lapisan tisu.

Selamat mencoba!!!

Sumber : www.id.wikihow.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *