Mengatasi Gusi Bengkak

Sumber Foto : www.bogor.tribunnews.com

1. Kompres dengan Es atau Air Hangat

Bila gusi menjadi bengkak tanpa disertai nyeri yang berdenyut, Anda bisa melakukan kompres pada gusi dengan menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu akan membantu Anda mengurangi pembengkakan pada gusi. Sedangkan, bila gusi Anda membengkak disertai nyeri berdenyut, Anda bisa mengompres gusi Anda dengan air hangat.

2. Kumur dengan Air Garam

Air garam dikenal dapat membantu mengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Larutkan garam pada air lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

3. Hindari Penyebab Iritasi

Bila Anda mengalami gusi bengkak, maika sangat disarankan Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi, seperti minuman beralkohol atau merokok. Dengan menghindari hal-hal tersebut, Anda dapat mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi yang membantu Anda dalam mengatasi pembengkakan gusi.

Cara-cara di atas merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi gusi yang bengkak. Namun, Anda juga perlu mendukung kesehatan mulut, khususnya gusi dengan upaya pencegahan agar gusi Anda senantiasa sehat. Apa saja itu?

Rajinlah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut Anda secara keseluruhan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan secara rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari , pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Bila sakit terus berlanjut, disarankan segera pergi ke dokter.

Sumber : www.tanyapepsodent.com