Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Kandang Ayam Petelur

Sumber Foto : www.budidayaternak.id

Dengan menggunakan kapur halus (bukan gamping) dan pasir kering. Bahan tersebut mudah diperoleh, apalagi di pedesaan, dan harganya cukup murah. Hal yang perlu dketahui adalah cara itu hanya dapat dilakukan pada kandang baterai, yakni kandang ayam yang dihuni ayam petelur. Berikut cara penggunaan kapur halus tersebut:

  • Menyiapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai dengan luas lubang yang akan dibuat di bawah kandang.
  • Membuat lubang di bawah kandang dengan ukuran panjang dan lebar sesuai dengan kandang serta kedalaman sekitar 20cm.
  • Mengisi lubang tersebut dengan kapur halus atau pasir kering, atau campuran keduanya dengan perbandingan 1:1 sampai seluruh lubang terisi. Karena kolong kandang berisi kapur halus atau pasir kering campurkan kapur halus dan pasir kering. Kotoran yang keluar dari ayam akan jatuh pada tumpukan tersebut kemudian bercampur dengan kapur halus atau pasir kering. Proses ini akan membuat kotoran cepat mengering, sehingga akan menghilangkan atau mengurangi bau yang menyengat.
  • Mengganti kapur halus atau pasir dengan pasir kering atau campuran antara keduanya 2 bulan sekali tergantung pada banyaknya kotoran yang terkumpul.
  • Mengumpulkan campuran antara kotoran ayam dengan kapur halus dan pasir kering yang telah mengering. Kemudian campuran tersebut dipisahkan. Kotoran yang telah terpisah itu dapat digunakan untuk membuat pupuk kandang.
Pengawasan yang rutin tetaplah diperlukan supaya kandang tetap dalam kondisi yang ideal. Pemilihan kualitas pakan juga penting diperhatikan.
Sumber : www.kandangayammodern.blogspot.com