Memulai Bisnis Sampingan

1. Mencari Ide Bisnis Yang Sesuai

Sebagai langkah pertama cara memulai usaha sampingan, mencari ide bisnis yang sesuai seringkali menjadi hambatan pertama bagi anda yang baru ingin memulai usaha sampingan.

Anda bisa bingung karena tidak memiliki ide bisnis sama sekali, atau bisa saja bingung karena terlalu banyak ide bisnis yang ada dikepala anda. Untuk anda yang tidak memiliki ide bisnis sama sekali, mulailah dengan membuat daftar kelebihan dan skill yang anda punya.

Jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat dijadikan jasa, maka hal tersebut dapat menjadi ide usaha sampingan yang tepat untuk memulai.

2. Membuat Rencana Bisnis

Langkah kedua dalam cara memulai usaha sampingan yang perlu anda lakukan adalah membuat rencana bisnis. Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi rencana bisnis untuk usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar atau anda lakukan hanya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Fungsi rencana bisnis untuk usaha sampingan adalah untuk memberikan gambaran kebutuhan modal, Break Event Point, biaya operasional, target pendapatan, strategi pemasaran, dan target dari usaha sampingan anda dalam 12 bulan kedepan.

Mempunyai gambaran akan hal-hal tersebut mempunyai manfaat yang luar biasa dan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan usaha sampingan yang anda rintis.

3.Membuat Komitmen

Menjalankan usaha sampingan tidaklah mudah. Memulai usaha sampingan relatif mudah, tetapi untuk berkembang anda membutuhkan komitmen yang besar.
Anda harus meluangkan waktu untuk mengurus usaha sampingan anda. Hal ini berarti anda harus mengurangi waktu bersenang-senang seperti menonton TV, bermain video game atau berselancar di social media.

Tuliskan daftar semua aktivitas dan komitmen yang Anda miliki setiap minggu Anda dengan jumlah waktu yang anda habiskan untuk masing-masing kegiatan tersebut.

Catat kegiatan yang bisa anda kurangi waktunya dan alihkan waktu yang bebas tersebut untuk memulai dan membangun usaha sampingan anda.

4. Tentukan Target Yang Terukur, Jelas dan Realistis

Anda tentu tidak ingin memulai suatu perjalanan tanpa mengetahui lebih dahulu kemana tujuan dan akan menggunakan kendaraan apa untuk mencapai tujuan tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk menjalankan usaha sampingan.

Tanpa menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan tenggat waktu yang realistis untuk diri Anda sendiri, anda akan menghabiskan banyak waktu yang sia-sia. Menetapkan target memberikan hasil terbaik dengan menetapkan sasaran harian, mingguan, dan bulanan untuk anda sendiri.

5. Melakukan Peluncuran

Peluncuran atau launching adalah titik awal dari setiap bisnis. Hal ini juga berlaku untuk usaha sampingan, setelah melakukan semua persiapan yang diperlukan untuk memulai usaha sampingan anda maka saatnya untuk memulai operasional usaha sampingan anda.

Pada kebanyakan usaha sampingan peluncuran anda lakukan dengan mulai mencari pelanggan secara aktif. Melakukan peluncuran dengan baik sangat penting untuk membangun momentum usaha sampingan anda.

6. Promosi

Setelah peluncuran, promosi adalah langkah selanjutnya dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan. Melakukan promosi sangat penting dalam memperkenalkan usaha sampingan anda kepada target pasar anda, dan untuk mendapatkan pendapatan dari usaha sampingan anda.

Jika anda sekedar menunggu adanya order datang tanpa melakukan upaya apapun untuk promosi maka anda menyerahkan kesuksesan dan kegagalan anda pada keberuntungan anda. Dan pada sebagian besar kasus, keberuntungan hanya datang jika anda berusaha dengan keras.

7. Analisa dan Perbaiki

Dalam memulai usaha sampingan anda pasti akan mengalami kesalahan atau kegagalan. Hal tersebut sangatlah wajar, dan salah satu karakteristik utama yang membedakan pengusaha yang sukses dengan yang gagal terletak pada bagaimana mereka menangani kesalahan atau kegagalan tersebut.

Seorang pengusaha yang sukses dapat menganalisa kesalahan dan kegagalan mereka untuk kemudian memperbaiki usaha mereka sehingga hal tersebut tidak terulang.

8. Investasikan Keuntungan 

Langkah terakhir dalam cara memulai usaha sampingan yang menguntungkan adalah investasikan keuntungan yang anda peroleh. Walaupun mungkin anda mempunyai tujuan untuk menambah pendapatan dengan usaha sampingan anda tetapi menginvestasikan keuntungan adalah langkah yang lebih tepat jika anda melihat ada peluang untuk mengembangkan usaha sampingan anda menjadi suatu usaha yang lebih serius.

Sumber : www.idntrepreneur.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *