Memilih Sandal

1. Tentukan ukuran kaki kamu dengan baik dan benar

Memilih ukuran yang tepat bukan hanya sekadar akan lebih nyaman dikenakan. Ukuran yang tepat juga akan menghindari kaki dari rasa mudah lelah. Sandal berukuran tepat sebaiknya tidak membuat jari kakimu menggantung di bagian depan, samping dan belakang solnya.

Pastikan juga agar area untuk jempol cukup lebar dan pas untuk menopangnya. Tali pengikat yang terdapat pada sandal juga disarankan jangan terlalu ketat atau terlalu longgar ketika dikenakan karena dapat membuat sandal mudah lepas dan membuat kaki cedera.

2. Sesuaikan dengan kegunaannya

Sama halnya dengan sepatu, ketika memilih sandal sudah pasti baiknya kamu harus menentukan terlebih dahulu apa kegunaannya. Apakah untuk kegiatan santai seperti berlibur ke pantai, untuk aktivitas sehari-hari seperti ke kamar mandi, penggunaan daily activities indoor ataukah outdoor, juga apakah untuk acara-acara tertentu yang dapat menunjang penampilan?

Menentukan fungsi pemakaiannya akan memudahkan kamu untuk mengerucutkan fungsi lainnya. Misalnya saja apabila kamu mencari sandal untuk naik gunung, pilihlah sandal bertali kanvas yang kuat. Memiliki sol yang keras dan kaku juga diperlukan agar sandal lebih tahan menghadapi medan.

3. Perhatikan kualitas dan kenyamanannya

Memilih bahan yang berkualitas tinggi juga penting bagi kesehatan dan kenyamanan kaki saat digunakan. Jika ingin kakimu terbebas dari lecet dan bisa tetap mudah bernapas, pilihlah sandal yang memiliki tali penjepit berbahan kulit atau kain. Tapi jika akan menggunakan sandal untuk kegiatan yang berkaitan dengan air, pilihlah sandal yang tali penjepitnya terbuat dari nilon atau poliuretan.

Memilih sol adalah bagian terpenting yang tak boleh terlewatkan karena akan menopang kaki selama mengenakan alas kaki. Pemilihan sol yang salah dapat mengakibatkan kaki cedera jika dikenakan secara terus menerus. Cobalah memakainya berjalan yang juga dapat mengetes tingkat fleksibilitas sandal tersebut.

4. Pilihlah bentuk dan gaya yang sesuai

Jika kamu suka melihat kerapihan dari sebuah sepatu (mulai dari jahitan hingga bentuknya), kamu juga bisa melakukan hal yang sama ketika ingin membeli sandal. Pilihlah yang memiliki jahitan rapi dan nampak kuat.

Selain itu menentukan gaya yang sesuai juga penting, agar kamu bisa me-matching-kannya dengan deretan busana yang kamu miliki di rumah. Dengan begitu, melakukan padu padan akan lebih mudah.

5. Jangan lupa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki

Yang terakhir dan tak boleh kamu lupakan adalah sesuaikan sandal yang kamu inginkan dengan kocek kantongmu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli sandal dengan merek yang terbilang mahal.

Pilihlah yang tingkat kenyamanannya lebih baik saat digunakan dan tentunya dengan harga yang sangat sesuai. Sandal dengan harga mahal ternyata tidak menjamin kamu untuk mendapatkan kenyamanan yang diinginkan.

Sumber : www.review.bukalapak.com