Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Masyarakat Indonesia lebih familiar dengan hand sanitizer model gel. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan bahan berupa 2/3 cup alkohol 70%-99%, 1/3 cup gel aloe vera murni, dan 8-10 tetes minyak esensial. Sementara, alat untuk membuat hand sanitizer model gelini adalah mangkuk, sendok, botol plastik, dan corong.

Penggunaan minyak esensial bermanfaat untuk menambah aroma pada hand sanitizer. Kamu bebas memilih aroma yang disukai, tapi lebih disarankan untuk menggunakan minyak esensial lavender, kayu manis, atau peppermint karena ketiganya memiliki kandungan disinfektan untuk membunuh kuman dan virus.

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahannya, sekarang saatnya untuk mulai membuat hand sanitizer model gel. Pertama-tama, siapkan mangkuk, kemudian tuang alkohol dan gelaloe vera. Aduk hingga rata dan coba oleskan di tangan. Apabila teksturnya kurang lembut, tuangkan lagi gel aloe vera secukupnya. Gel aloe vera ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit tanganmu.

Jika sudah mendapatkan tekstur hand sanitizer yang lembut, sekarang saatnya menambahkan minyak esensial. Tuangkan minyak esensial pada campuran alkohol dan gel aloe vera tadi, kemudian aduk lagi hingga rata.

Jika sudah, sekarang saatnya memasukkan hand sanitizer gel tersebut ke dalam botol plastik menggunakan corong. Namun, sebelum memasukkannya, pastikan kamu sudah mencuci botol plastik terlebih dahulu dan membiarkannya hingga kering sempurna agar tidak merusak kadar hand sanitizer yang sudah dibuat. Dengan demikian, hand sanitizer buatan sendiri pun sudah siap digunakan.

Sumber : www.dekoruma.com