Membersihkan Rumah pasca Banjir

  1. Sumber Foto : www.hellosehat.com

    Mematikan arus listrik ketika akan membersihkan rumah pasca banjir adalah hal yang harus dilakukan pertama kali. Dengan mematikan arus listrik akan menghindari Anda dari terkena sengatan listrik yang bisa membahayakan diri.

  2. Gunakan perlengkapan seperti baju lengan panjang, celana panjang, masker, sarung tangan, pelindung mata, dan sepatu boot untuk menjaga tubuh Anda tetap steril.
  3. Keringkan air yang menggenang di lantai dan bersihkan kuman serta kotoran yang menempel dengan menggunakan cairan desinfektan. Jika ingin lebih steril, Anda bisa membersihkan rumah dengan air panas untuk membunuh bakteri pembawa penyakit.
  4. Kelompokkan barang-barang di rumah Anda, perhatikan kondisinya apakah terkena rendaman banjir atau hanya sebagian saja. Jika barang-barang tersebut sudah sangat kotor dan berbau tak sedap, lebih baik dibuang saja karena sudah sangat sulit untuk membersihkan jamur dan kuman yang menempel.
  5. Untuk perabotan atau mebel yang hanya kotor sedikit dan tidak sampai basah seluruhnya, bersihkan terlebih dulu air bekas banjir dengan air bersih supaya tidak timbul flek. Lalu oleskan minyak dan gosok dengan lap bersih sampai noda yang menempel hilang. Untuk membuatnya kembali mengilap, perabotan bisa dipelitur ulang.
  6. Untuk barang-barang yang berbahan kain seperti pakaian, handuk, dan selimut, cucilah dengan air panas kemudian jemur hingga kering.
  7. Jangan menyambungkan peralatan elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena bisa menimbulkan korslet. Lebih baik langsung bawa ke tukang servis terdekat untuk diperbaiki. Begitu juga dengan mobil, bawa ke bengkel yang sudah terpercaya sesegera mungkin untuk membersihkan dan memperbaiki bagian-bagian mobil yang kotor terkena air banjir.
  8. Apabila lantai Anda terendam banjir, segera bersihkan menggunakan kain pel/lap basah. Untuk menghilangkan bau tidak sedap, Anda bisa memakai cairan pembersih lantai dengan perbandingan 10 ml per 3 liter air. Hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia keras.

Sumber : www.conwood.co.id