Mata Sulit Terpejam di Malam Hari? Mungkin Anda Stres

Beban pikiran dan masalah yang tak kunjung temukan solusi hingga akhirnya stres, membuat seseorang sulit terlelap. Tak hanya itu, meskipun memaksa untuk memejamkan mata, tidak jarang stres juga membuat orang terjaga semalaman.

“Stres memang berpengaruh pada pola tidur kita. Pola tidur kita dapat terganggu, bisa di awal yaitu kita sulit untuk mulai tidur, bisa juga di tengah tidur, artinya kita bisa mulai tidur, tapi setelah tidur kita akan terbangun dan sulit untuk tertidur lagi,” terang psikater, dr Elly Ingkiriwang.

Untuk mengatasinya Professor David Hillman dari Sleep Health Foundation, Australia, menyarankan agar setiap sore siapkan waktu introspeksi sebelum tidur. Tulis dalam secarik kertas apa saja yang membuat cemas hari ini dan bagaimana cara mengatasinya besok.

Selain itu untuk mendapat tidur yang berkualitas, bisa juga dengan mengubah gaya hidup seperti berolahraga secara teratur seperti yoga, mendengarkan musik, mengurangi kebiasaan mengonsumsi nikotin dan kafein. Sebab, pada intinya agar bisa cepat tidur maka seseorang perlu merasa tenang dan nyaman.

Sumber: www.detik.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *