Manfaat Buah Campoleh Asli Jawa Barat

Buah Campoleh atau dikenal dengan nama Sawo walanda adalah buah langka penuh manfaat kesehatan yang biasanya dijumpai di beberapa daerah Jawa Barat. Orang Sunda sering menyebut buah asal Meksiko dan Kuba ini sebagai Campoleh.

Terlepas dari berbagai namanya, buah ini mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang baik untuk kesehatan. Seperti yang dilansir dari Medscoopdaily, berikut manfaatnya ;

Sawo walanda salah satu superfood

Ketika membicarakan gizi, sawo walanda sarat dengan berbagai nutrisi, sehingga dianggap superfood. Buah ini dikemas sekira 50 persen lebih banyak pemberi energi instan daripada pisang, dan hampair sebanyak protein alpukat.

Kaya beta karoten

Sama seperti buah-buahan berwarna kuning-oranye lainnya, sawo walanda atau canistel kaya akan provitamin A karotenoid. Karotenoid ini diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Tinggi mineral

Buah ini mengandung 25 mg kalsium dan sekira 40 mg fosfor yang bisa menjadi pengobatan alami arthritis.

Sempurna untuk kesehatan pencernaan

Sawo walanda merupakan sumber serat dari makanan, sehingga mempromosikan kesehatan pencernaan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sawo walanda merupakan sumber vitamin C atau asam askorbat dengan sekira 60-100 mg. Buah ini dikenal bisa meningkatkan kekebalan, sehingga mengobati flu, batuk, pneumonia, dan infeksi paru-paru lainnya.

Memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba

Sawo walanda mengandung asam amino, lisin, triptofan dan metionin, serta flavonoid yang memiliki anti-tumor, anti-inflamasi, anti-HIV dan efek anti-mikroba.

Sumber : www.okezone.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *