Malang Beri Dukungan Ambon Jadi Kota Musik Dunia

Kota Malang melalui Museum Musik Indonesia (MMI) berusaha memberikan kontribusinya untuk Ambon, Maluku. Dalam hal ini berupaya menjadikan wilayah tersebut sebagai kota musik dunia.

Ketua MMI, Hengky Herwanto mengatakan, kontribusi tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pihaknya dengan Wali Kota Ambon, 29 Oktober lalu. Di kesepahaman ini, MMI memberikan dukungannya pada aspek Pusat Dokumentasi Musik Nasional (PDMN) yang akan didirikan di Kota Ambon. Pendirian pusat ini hanya salah satu dari 25 langkah startegis persyaratan UNESCO agar Ambon dapat menjadi kota musik dunia.

Untuk mendukung aspek tersebut, Hengky mengungkapkan, MMI telah menyiapkan sejumlah sarana yang dibutuhkan PDMN. Ia akan mengirim masing-masing 100 buah CD, kaset, piringan hitam (PH) dan buku katalog musik Ambon.

Hingga saat ini, Hengky berpendapat, hanya Malang yang baru memberikan dukungannya untuk Ambon dalam hal distribusi ini. Sebagian besar sumbangan yang diberikan kemungkinan berasal dari koleksi pribadi. Dengan adanya bantuan ini, dia berharap, target Ambon sebagai kota musik dunia dapat terwujud.

Sumber : www.republika.co.id