Makanan yang Membuat Cepat Tua

Sumber Foto : www.cnnindonesia.com

1. Daging olahan
Daging olahan seperti daging asap, sosis, daging cepat saji mengandung pengawet yang tinggi. Pengawet tersebut dapat memicu radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak organ dan mempercepat penuaan.

2. Gula
Konsumsi gula dapat menyebabkan peradangan. Gula juga merusak kolagen dan elastin yang membantu kulit tetap sehat dan awet muda.

Tak hanya gula bubuk, makanan yang mengandung gula juga mesti dihindari seperti kue, permen, sirup, dan cocktail.

3. Minuman energi
Minuman energi, tinggi akan gula dan asam yang dapat merusak sel tubuh. Konsumsi minuman energi terus-menerus juga memicu dehidrasi yang mempercepat proses penuaan.

Hidrasi atau konsumsi air yang cukup dapat membuat kulit terlihat segar. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi air 2 liter setiap harinya.

4. Makanan tinggi garam
Makanan tinggi garam juga mempercepat proses penuaan. Garam dapat menahan air sehingga membuat proses penuaan lebih mudah terjadi.

5. Gorengan
Aneka gorengan juga tak baik untuk kesehatan. Makanan yang digoreng terlalu lama mengandung banyak minyak dan lemak yang memicu radikal bebas, penyebab penuaan.

6. Makanan yang dipanaskan
Dikutip dari Eat This, makanan yang dipanaskan dalam microwave juga dapat mempercepat proses penuaan. Makanan yang beku dan kemudian dipanaskan mengandung natrium yang berlebih, yang memicu penuaan.

7. Makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans adalah jenis lemak yang memiliki rangkaian atom karbon. Lemak trans dikenal juga dengan asam lemak trans dan lemak terhidrogenasi.

Lemak trans tidak baik untuk tubuh karena meningkatkan kolesterol, merusak organ, dan mempercepat penuaan. Lemak trans banyak terdapat di dalam margarin, kue kering, camilan, gorengan, adonan yang didinginkan, dan krimer. Sedapat mungkin hindari makanan-makanan ini untuk mencegah penuaan dan membuat tubuh tetap awet muda.

Sumber : www.cnnindonesia.com