Lima Olahraga Ideal untuk Manula

www.doyou.com

1. Yoga

Yoga sangat baik dilakukan oleh manula karena olahraga ini sangat minim dengan risiko cedera. Bahkan, olahraga tersebut terbilang murah dan bisa dijalankan di mana saja, sebab tidak membutuhkan tempat serta waktu khusus. 

Jika yoga dijalankan dengan teratur, tentu akan membantu manula dalam mengontrol emosi sehingga kesehatan mental tetap terjaga. Dalam yoga bukan hanya fisik yang dilatih, tetapi teknik pernapasan yang mampu menyehatkan pikiran.

 

Sumber : www.muslimah.co.id

2. Joging

Joging juga baik untuk para manula, ketika ingin meningkatkan stamina tubuh. Berdasarkan riset Peter Schnohr menemukan olahraga ini mampu meningkatkan asupan oksigen, fungsi jantung, sensitivitas insulin dan kepadatan tulang, mencegah obesitas, serta pembekuan darah. 

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), orang berusia 19 hingga 64 tahun harus melakukan 150 menit latihan aerobik sedang setiap minggu. Hal  ini bertujuan agar para orang tua bisa meningkatkan imunitas tubuh.

 

Sumber : www.winnetnews.com

3. Berjalan Kaki

Olahraga ini sangat cocok dan dilakukan oleh orang tua karena bisa dijalankan dimana saja. Bagi mereka yang sudah terbilang tak muda lagi, sebaiknya membiasakan berjalan kaki untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan sistem peredaran darah. 

Bagi mereka yang telah menginjak usia 65 tahun, olahraga yang satu ini sangat bermanfaat mencegah pikun atau demensia.

 

Sumber : www.hellosehat.com

4. Renang

Berenang memberi pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan orang tua. Sebab, olahraga ini memiliki banyak manfaat seperti, memperkuat jantung, mengatasi radang sendi, menurunkan risiko diabetes, dan sebagainya. 

Berdasarkan penelitian menunjukkan risiko diabetes bisa menurun hingga enam persen setiap penurunan 500 kalori yang dibakar selama renang. Jadi dengan berenang sekitar 30 menit saja, Anda bisa membakar sebanyak 900 kalori.

 

5. Senam

Sumber : www.hellosehat.com

Orang tua yang rutin berolahraga memiliki resiko yang lebih kecil terhadap serangan penyakit kronis. Apalagi senam juga salah satu olahraga yang sederhana dilakukan untuk para manula karena manfaatnya sangat banyak.

Manfaat senam bagi orangtua atau lanjut usia (Lansia) seperti, meminimalisir penyakit jantung, menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, hingga menjaga kesehatan tulang dan sendi. Bila ingin mendapatkan khasiatnya, sebaiknya dilakukan di pagi hari atau sore hari. 

Jika olahraga ini dilakukan rutin, tubuh tidak akan rentan dengan serangan virus berbahaya, seperti Corona. Sehingga, para orang tua disarankan mulai melakukan senam atau olahraga ringan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sumber : www.tagar.id