Liburan Hemat Ala Mahasiswa, Bahagia Tanpa Menguras Kantong

Status masih mahasiswa dengan uang jatah bulanan pas-pasan bukan sebuah halangan buat liburan seru dan membuat hati bahagia. Tentu saja, ada tips dan triknya buat liburan tanpa menguras kantong, tapi perjalanan tetap seru dan menyenangkan.

Cobain deh beberapa tips dan trik berikut ini, dijamin kamu bisa liburan ke mana saja yang kamu mau tanpa menghabiskan semua tabungan yang ada.

Tentukan tujuan sejak jauh hari

Hal pertama yang wajib banget kamu lakukan buat liburan hemat adalah menentukan tujuan sejak jauh hari. Kenapa? Dengan menentukan tujuan sejak lama, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang kamu perlukan buat perjalanannya nanti. Tentukan juga tempat wisata mana yang mau dikunjungi, cari info berapa ongkos transportasi ke sana, berapa tiket masuknya dan berbagai info penting lain di tempat tujuan. Setelah menemukan lokasi dan budget yang diperlukan, sekarang masuk ke langkah berikutnya.

Menabung dan cari penghasilan tambahan

Uang bulanan dari ortu cuma cukup buat ongkos sehari-hari? Coba hitung ulang dan cari celah biar kamu bisa menabung. Cara gampangnya adalah dengan membawa bekal makan dari rumah, jadi ongkos makan di kampus bisa disimpan buat tabungan liburan.

Cara lain adalah dengan cari kerjaan sambilan yang gampang. Misalnya jadi ojek online yang bisa kamu lakukan di sela jadwal kuliah. Pendapatannya lumayan, dan waktunya pun fleksibel. Hasilnya, ditabung buat modal liburan.

Rajin cari promo di internet

Setelah sejumlah uang terkumpul, mulailah rajin berburu promo tiket online. Rajin-rajinlah cek website agen perjalanan seperti Traveloka.com, jangan lupa cek juga menu promo yang ada di laman awal. Jangan segan pula buat subscribe newsletter Traveloka, biasanya banyak promo tiket online ke berbagai tujuan yang disebarkan lewat newsletter. Ada juga promo tiket online yang diumumkan lewat akun media sosial. Jadi, follow aja!

Manfaatkan teman atau saudara di kota tujuan

Sebelum berangkat ke kota tujuan, coba hubungi teman atau saudara yang tinggal di sana. Mintalah izin untuk numpang menginap selama beberapa hari di tempat relasi atau kerabat. Penginapan adalah salah satu pengeluaran terbesar selama liburan. Dengan menginap di tempat kerabat, kamu menghemat tidak hanya ratusan ribu, bahkan bisa jutaan rupiah. Lumayan kan?

Hemat biaya makan di perjalanan

Selain penginapan, budget lain yang biasanya bengkak adalah di makanan. Biayanya bisa jadi besar banget kalau kamu membeli di tempat wisata. Karena itulah, bawa saja bekal lauk dari rumah. Kamu bisa membawa abon, rendang atau makanan instan buat teman selama perjalanan.

Sesekali makan di warung boleh lah, mencicip kuliner lokal. Pilih saja makanan di warung tradisional, biar biaya perjalanan kamu nggak bengkak banyak.

Ajak teman

Mengajak teman adalah trik buat menghemat banyak biaya. Semakin banyak teman yang liburan bareng kamu, makin banyak pula biaya yang bisa kamu bagi bersama mereka. Mulai dari biaya makan, ongkos transportasi dan penginapan.

Asyiknya lagi, kalau kamu liburan bareng teman, nggak perlu bingung dengan foto-foto selama di tempat liburan. Kalian bisa saling bergantian memotret buat diupload di Instagram.

Nah, ternyata banyak cara buat liburan tanpa membuat kantong jadi bolong kan?

Sumber : Juhery Simarmata Travel Blogger

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *