Konser Teatrikal “BABE, Muka Kampung Rejeki Kota”

Banyak cerita tentang tokoh legendaris Betawi Benyamin Sueb, tetapi belum pernah ada yang mengangkat kisah biografi Benyamin Sueb di atas panggung. Untuk pertama kalinya Teater Abang None Jakarta akan menggelar pertunjukan dengan format Konser Teaterikal tentang perjalanan hidup seorang Benyamin Sueb dalam judul “BABE – MUKA KAMPUNG REJEKI KOTA”.

Benyamin Sueb bukanlah sekadar nama. Ia adalah sosok seniman multi talenta yang menggema karena kejenakaannya. Kita mengenal banyak celotehan satir yang dilontarkan lelaki kelahiran Kemayoran 5 Maret 1939 ini, namun menjadi akrab dan bersahaja di kehidupan kita sehari-hari, sebut saja “Muke Lu Jauh”, “Kingkong Lu Lawan”, “Makdikipe” dan masih banyak lagi.

Tahun 2005 Ludhy Cahyana dan Muhlis Suhaeri menulis buku biografi tentang perjalanan hidup Benyamin Sueb berjudul “Muka Kampung Rezeki Kota”. Melalui buku biografi ini, Maudy Koesnaedi terinspirasi memproduseri pertunjukan tentang Benyamin Sueb dengan konsep yang berbeda sebagai wujud apresiasi kepada sang legenda yang wafat di Jakarta pada tanggal 5 September 1995. “Gagasan menambah sebutan BABE sebagai judul dalam pertunjukan ini, karena semasa hidupnya beliau akrab disapa Babe yang juga sekaligus sosok ayah bagi kami semua. Babe adalah seniman yang memberikan inspirasi bagi masyarakat, khususnya Betawi. Kejenakaan Babe seringkali mengingatkan kepada kita untuk tetap semangat dan ceria. Konser teaterikal ini menjadi pilihan format pertunjukan ke 10 Teater Abang None Jakarta, untuk mengenang sosok Babe dengan cara yang lain.”, ujar Maudy Koesnaedi.

Digelar dalam dua hari pertunjukan, 15 dan 16 September 2017 Pukul 19.30 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Ifa Fachir sebagai Penata Musik telah mengaransemen ulang lebih dari 30 lagu yang pernah populer mengiringi perjalanan hidup seniman yang tak tergantikan ini. Dalam mempersiapkan konser teaterikal, Ifa mengatakan, Pertunjukan BABE merupakan pertunjukan drama musikal pertama saya yang bertema komedi. Harus saya katakan bahwa bekerja dan mengerjakan ulang karya-karya hebat Benyamin S, adalah sebuah proses belajar yang sangat menarik dan tentu menyenangkan untuk saya. Untuk melengkapi musikal ini, dan sebagai tanda apresiasi saya kepada Babe Benyamin, saya ciptakan dua lagu bersama Simhala Avadana yang berjudul ‘Karya Untukmu’, dan ‘Muka Kampung Rejeki Kota’ yang lirik lagunya terinspirasi dari judul-judul lagu Benyamin.”

Konser teaterikal ini dimeriahkan dengan para pemain Tommy Tjokro, Indra Bekti, Imam Wibowo, Ayumi Astriani, Astry Ovie dan abang none Jakarta lainnya. Mengantarkan Teater Abang None Jakarta tampil pada pertunjukan ini, Agus Noor selaku Sutradara pertunjukan mengatakan, “Benyamin Sueb dikenal karena humornya spontan dan merakyat, seakan mengajak kita untuk hidup dengan rasa gembira. Pertunjukan ini menurut saya bukan untuk mengenang, tetapi untuk merayakan kembali Benyamin Sueb dengan jejak-jejak kegembiraan yang pernah diwariskannya.”

Tentang Teater Abang None

Teater Abang None adalah organisasi non-profit berbasis komunitas yang bergerak di bidang seni dan budaya, khususnya seni pertunjukan budaya Betawi, yang anggotanya berasal dari alumni maupun mereka yang menjabat sebagai Abang None Jakarta. Teater ini berdiri atas prakarsa Maudy Koesnaedi (None Jakarta 1993) sebagai bentuk sumbangsih dan usaha dalam melestarikan budaya Betawi, serta sarana untuk memotivasi dan memberikan kesempatan kepada para Abang None Jakarta turut serta dalam usaha tersebut. Pada awalnya, teater ini hanya beranggotakan Abang None Jakarta Utara, dan berhasil membuat sebuah pementasan yang diadakan pada tahun 2009 berjudul “Cinta Dasima”, “Doel: Antara Roti Buaya dan Burung Merpati, Kembang Parung Nunggu Dipetik” pada tahun 2010 dan “Sangkala 9/10” pada tahun 2011. Tahun 2013 produksi ke-4, Teater Abang None Jakarta mementas;kan  pertunjukan berjudul “Soekma Djaja”. Pada akhir tahun 2015, Teater ABNON kembali menggelar pertunjukan sandiwara betawi yang bertajuk JAWARA! Langgam Hati dari Marunda. Melihat animo masyarakat yang tinggi, serta potensi dan minat yang juga dimiliki oleh Abang None wilayah lain, maka pada akhirnya teater ini terbuka untuk semua wilayah di Jakarta, sehingga terbentuklah Teater Abang None. Teater Abang None Jakarta mencoba kembali mengulang sukses dengan memproduksi pagelaran Konser Teatrikal BABE Muka Kampung Rejeki Kota. Informasi lebih lanjut dapat mengakses www.teaterabnon.com

HTM Konser Teaterikal Babe – Muka Kampung Rejeki Kota

VIP                         Rp. 500.000

Kelas 1                  Rp. 300.000

Kelas 2                  Rp. 200.000

 

Informasi dan Reservasi Tiket

Kayan Production & Communications : 083899715725, 085693427788, 081311630001, 0895372014902

Tiket Online: www.blibli.com

Muka Kampung Rejeki Kota, cuma Babe yang bisa bikin ketawa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *