Kemewahan Kesultanan Ternate Dalam Baju Adat Ternate

baju ternate

Sumber : www.indonesiakaya.com

Ternate adalah satu pulau di Maluku Utara yang sangat kaya dan mempunyai peranan penting dalam segala aktifitas provinsi Maluku Utara. Hal ini tidak hanya terjadi di masa kini saja, namun sejak dulu Ternate sudah menjadi sebuah Kesultanan yang terpandang dan memiliki martabat tinggi baik di mata rakyat Ternate maupun di mata Negara-negara lain, termasuk para penjajah seperti Portugis, Spanyol, maupun Belanda. Kesultanan Ternate tidak hanya terhormat karena kekuatan kerajaan yang solid, namun juga karena kekayaan alam dan budaya yang begitu luar biasa.

Latar belakang Kesultanan Ternate yang begitu termahsyur ini juga mempengaruhi setiap lini kehidupan warganya. Salah satu bagian kehidupan warga Ternate yang mendapat banyak pengaruh dari kemegahan Kesultanan Ternate adalah pakaian adat yang dimiliki penduduk asli Ternate. Nilai-nilai seperti kemegahan, kebanggaan, kehormatan dan penuh dengan aksesoris yang menunjukkan kemewahan tampak jelas terkandung dalam tiap pakaian adat yang ada di Ternate.

Walaupun hampir seluruh pakaian adat yang ada di Ternate memiliki nilai-nilai ini, namun sebagai Kesultanan yang mempunyai sebuah hirarki jelas antara masyarakat biasa dan keluarga kerajaan, pakaian dari tiap lapisan sosial pun berbeda antar kelas sosial. Sebagai contoh adalah Pakaian Manteren Lamo yang biasa digunakan oleh Sultan. Pakaian ini terdiri dari celana panjang hitam, sebuah jubah panjang yang menutupi sebuah bis merah tertutup, dan sebuah Destar untuk menutupi kepala. Selain itu, warna merah cukup dominan di pakaian ini sebagai simbol keperkasaan dari pemakainya.

Sumber : www.indonesiakaya.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *