Keanekaragaman Hayati Nusantara Expo 2019

Dengan lebih dari 17.000 pulau yang membentang seluas 2 juta km2, Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Sejumlah ekosistem unik dengan keragaman spesies yang melimpah, lebih dari 25.000 jenis tumbuhan berbunga tumbuh tersebar di seluruh Nusantara atau menyumbang 10% dari spesies tumbuhan berbunga dunia, 12% hewan mamalia (500 jenis), 16% reptile (600 jenis), 17% burung (1.500 jenis), 6% amfibi (270 jenis), dan lebih dari 45% ikan (2.500 jenis).

Memberikan peran yang cukup penting bagi dunia, Indonesia mengambil aksi nyata dalam rangka melindungi keanekaragaman hayati yang dimiliki. Lebih dari 550 unit pengelolaan kawasan konservasi di seantero negeri, dengan total area mencakup 27,4 juta ha, terdiri dari 22,1 juta ha kawasan konservasi terestrial dan 5,7 juta ha kawasan konservasi laut. Karena keunikan dan manfaat universalnya, maka telah ditetapkan 6 kawasan konservasi sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites), 16 sebagai Cagar Biosfer (Biosphere Reserves), 7 sebagai Situs Ramsar (Ramsar Sites), dan 7 sebagai Situs Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Sites).

Untuk terus menerus mengingatkan diri kita agar selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan, maka telah ditetapkan satu hari dalam setahun sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam Indonesia. Pada tahun 1993 Presiden RI menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN).

Presiden telah menetapkan satwa darat Komodo sebagai Satwa Nasional, satwa tirta Ikan siluk Merah sebagai Satwa Pesona dan Satwa dirgantara Elang Jawa sebagai Satwa Langka. Penetapan itu melengkapi penentuan Melati sebagai Puspa Bangsa, Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona dan Padma Raksasa sebagai Puspa Langka.

Tanah Air kita yang beriklim tropis kaya dengan berbagai tumbuh-tumbuhan dan satwa alam. Indonesia adalah Negara yang memiliki keanekaan jenis mamalia terkaya di dunia. Begitu pula dalam keanekaragaman jenis pohon palem dan jenis kupu-kupu. Karena itu sudah selayaknya kita melestarikan tumbuhan dan satwa kita dengan penuh tanggung jawab. Memperingati HCPSN tahun 2019 yang mengangkat tema “Membangun Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional untuk Indonesia Unggul”, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Keanekaragaman Hayati Nusantara Expo 2019.

Hadirilah Event Flora & Fauna Terbesar Tahun Ini!
08 November – 08 Desember 2019
Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

• Ratusan Jenis Tanaman & Hewan Tersedia
• Special Performance: Animal Education

Sumber : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia