Ingin Bekerja di Bidang Teknologi? Kuasai “Softskill” Ini

Bekerja di bidang teknologi, ternyata tidak melulu hanya menguasai berbagai bahasa program, coding, ataupun analisis data.
ZipRecruiter menyebutkan, ternyata ada peningkatan permintaan untuk karyawan di bidang teknologi dengan keterampilan yang justru mengarah kepada softskill, -karakteristik personal yang bisa membantu orang tersebut bekerja sama dengan orang lain.
Untuk mengidentifikasi keterampilan dan pengalaman yang paling dihargai oleh pemberi kerja, ZipRecruiter mengevaluasi lowongan kerja bidang teknologi dan menemukan bahwa softskill justru berada di puncak daftar. Para pencari kerja juga mencari keterampilan seperti penjualan dan pemasaran, layanan pelanggan, cara berkomunikasi, ramah hingga punya jiwa wirausaha.

Salah satu softskill yang dilihat dalam peningkatan terbesar pertumbuhan tahun ke tahun adalah cara berkomunikasi.
Menurut ZipRecruiter, permintaan untuk keterampilan komunikasi naik 77,2 persen dari tahun lalu. “Ini adalah salah satu keterampilan yang lazim di setiap perusahaan dan setiap posisi,” ucap manajer senior akuisisi bakat di ZipRecruiter Yasmin Sahami kepada CNBC, Selasa (6/11/2018).
Komunikasi yang jelas dan langsung juga penting bagi lulusan baru, atau mereka yang berada di tahap awal karier mereka. Untuk menunjukkan kemampuan mereka, pelamar harus mempertimbangkan semua pengalaman kerja mereka sebelumnya dan secara efektif mengomunikasikan keterampilan yang mereka pelajari dari masing-masing di resume mereka.

Sumber : www.ekonomi.kompas.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *