Indonesia Berambisi Jadi Destinasi Mancing Dunia

Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia sedang diarahkan menjadi destinasi wisata mancing kelas sedunia.

Demi mewujudkan potensi tersebut, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (3/12).

“Sebagai ajang pertama dalam event Indonesian Fishing Tournament atau Festival (IFTF) 2018 akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat ini,” kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dwisuryo Indroyono Soesilo, seperti yang dikutip dari Antara.

Ia mengatakan panitia telah menetapkan zona pemancingan di Banggai itu pada latitude 1 33.302 s dan longitude 122 38.512 e.

Indroyono berharap IFTF 2018 akan menjadi genderang awal bahwa Kemenpar dan instansi terkait lain, mulai mengembangkan wisata mancing sebagai salah satu kegiatan yang dapat memberikan nilai ekonomi serta pemasukan devisa dari kegiatan pariwisata.

Saat ini, ia melanjutkan, pemerinah juga mulai memetakan destinasi-destinasi yang belum termanfaatkan oleh kegiatan wisata bahari lain seperti diving, kayaking, snorkling, surfing atau pemanfaatan perikanan lain sebagai destinasi mancing nasional.

Sumber : www.cnnindonesia.com