Indikator Air Yang Sehat

                                       Sumber : blogger

1. Tidak keruh

Ciri air bersih dan sehat yang utama yakni penampang air yang terlihat tidak keruh. Air yang tidak mengalami kekeruhan ini bagus untuk digunakan dalam keseharian, baik memasak, mandi, mencuci dan seterusnya.

2. Tidak berwarna

Selain air harus terhindar dari kekeruhan maka tanda air bersih dan sehat yang selanjutnya yakni jangan sampai ada tercampur warna lain yang mencemari air tersebut. Warna yang tercipta dalam air dapat menandakan hal serius berbahaya yang jika tetap dipaksa untuk digunakan bisa berujung sangat merugikan bagi para penggunannya itu sendiri.

3. Tidak berbau

Air normal yang mewakili jenis air bersih dan sehat sepantasnya tidak memiliki bau tertentu apalagi yang menyengat kala diuji menggunakan indera penciuman kita. Terlebih semisal jika air lingkungan tersebut berbau menyerupai bau dari suasana asam maka sudah barang tentulah air tersebut tidak layak untuk digunakan.

4. Jernih

Lebih lanjut lagi kala kita membicarakan perihal penampang air untuk menilai apakah air tersebut sehat dan bersih maka syarat mutlaknya ialah air tersebut harus jernih. Penggolongan jernih di sini dalam artian tidak terkontaminasi oleh zat pengeruh baik tanah maupun zat bahaya lainnya atau juga tidak terkontaminasi oleh zat pewarna tidak sehat yang berbahaya baik dari bahan kimia semisal zat limbah atau juga dari ragam zat biologis yang kemungkinan besar juga mampu berpengaruh pada perubahan warna air dari normal tersebut.

5. Berasa tawar

Air bersih sehat tanpa cemaran zat bahaya lainnya akan memiliki rasa normal yang cenderung tawar. Tak ada tambahan rasa lain semisal pahit, meninggalkan rasa getir pada indera penecap, cenderung asin dan seterusnya.

6. Derajat keasaman aman

Sesuai dengan indikator derajat keasaman yang baus dalam pengujian air maka air bersih dan sehat layaknya memiliki nilai dalam kisaran 7, angka 6 dan delapan beberapa kali masih bisa ditoleransi. Hal ini menjadi penting lantaran jika air terlalu asam atau bahkan terlalu basa bisa sangat membahayakan bagi sesiapa saja yang menggunakan air tersebut dalam keseharian.

7. Bebas bakteri patogen

Pengertian dari bakteri patogen itu sendiri yakni berhubungan dengan serangkaian jenis mikroba yang jika masuk ke dalam tubuh maka ia sangat berpotensi untuk menimbulkan penyakit yang merugikian kesehatan manusia pengonsumsinya itu sendiri. Salah satu contoh bakteri yang biasa dengan mudah dapat ditemukan sebagai pencemar air lingkungan kita yakni bernama Eschericia coli.

8. Suhu normal

Secara normalnya suhu air bersih dan sehat tidak boleh terlampau panas maupun dingin. Seperti yang kita ketahui suhu tinggi merangsang penguapan pada air itu sendiri sedangkan suhu cenderung rendah yang ekstrim dapat berdampak pada pembekuan air tersebut. Untuk itulah kisaran suhu normal antara 10 sampai 25 derajat selsius biasanya digunakan sebagai patokan bagi standar air bersih nan sehat.

Sumber : www.halosehat.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *