Ilmuwan Temukan Adanya Danau Kuno di Mars

Sejumlah ilmuwan dari Universitas Utrecht Belanda telah mengungkapkan bukti geologis pertama tentang sistem danau kuno yang saling berhubungan, berada jauh di bawah permukaan planet Mars. Lima di antaranya dianggap mengandung mineral yang penting bagi kehidupan.

Sebelumnya, para ilmuwan meyakini pada permukaan Mars terpantau tanda-tanda kuat bahwa air dalam jumlah besar pernah ada di planet tersebut. Lalu, pada 2018, ekspedisi Mars Express mendeteksi genangan air di bawah kutub selatan Mars.

Salese dan sejumlah rekannya menjelajahi 24 kawah yang tertutup di belahan utara Mars, kedalaman kawah itu berkisar 4.000 hingga 4.500 meter. Kedalaman kawah ini mengindikasikannya pernah terisi oleh genangan dan aliran air yang kemudian surut seiring berjalannya waktu.

Itu mereka yakini karena penemuan sebuah fitur di dalam kawah tersebut yang hanya bisa terbentuk oleh air.

Mengutip Cnet, pada Juli 2018 lalu, para ilmuwan menggunakan radar pengorbit Mars Express untuk menyelidiki bentuk menyerupai topi yang menutupi es di bagian selatan Mars. Hal itu dianggap sebagai sebuah danau tersembunyi berisi air asin.

Sumber : www.cnnindonesia.com