Nyang Diputer Saat Ini

Judul

Artis

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00

Nyang Lagi Tayang

Kopi Betawi

06:00 10:00


Ide merayakan Tahun Baru 2021di rumah tanpa gawai

Written by on 01/01/2021

Jakarta (ANTARA) – Tinggal di rumah bukan berarti Anda tak bisa menikmati bergantinya tahun 2020 yang identik dengan masa pandemi COVID-19 ini ke tahun 2021 bersama keluarga.

Merayakan pergantian tahun dengan orang yang tinggal serumah dengan Anda masih menjadi pilihan terbaik saat ini dan bahkan bisa dilakukan tanpa gawai alias gadget.

Anda bisa menyiapkan makanan atau hidangan khusus bersama keluarga Anda. Pilihlah yang menyehatkan terutama jika Anda memasukkan tubuh yang sehat sebagai salah satu resolusi di tahun 2021.

Selain itu, cobalah membungkus makanan ringan dan berbagai hadiah dalam kantung atau wadah untuk dibuka menjelang tengah malam. Anda dapat membuat kantung sebanyak yang Anda inginkan. Beberapa ide makanan bisa permen, kalung manik-manik buatan tangan atau lainnya.

Kegiatan ini cenderung menyenangkan untuk dilakukan dengan anak-anak serta anggota keluarga Anda sembari menantikan pergantian tahun.

Terkait resolusi Tahun Baru, mungkin kali ini Anda bisa membuatnya bersama keluarga. Seperti dikutip dari laman The Indian Express, Kamis, Anda dapat membuat pohon resolusi yang akan mengingatkan setiap anggota sepanjang waktu.

Baca juga: Taiwan ajak masyarakat rayakan Tahun Baru dari rumah

Baca juga: Pilihan hidangan menyehatkan malam Tahun Baru

Ide resolusi untuk anak Anda misalnya makan hidangan sehat, belajar berbagi, dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Psikolog klinis dewasa, Nirmala Ika merekomendasikan resolusi-resolusi yang kontrol utama keberhasilan ada di tangan Anda ketimbang orang lain. Misalnya, mempelajari bahasa Jepang ketimbang keinginan berlibur ke negeri sakura, yang cenderung sulit di masa pandemi COVID-19.

Dia mengatakan, momen saat ini sebenarnya tepat untuk mengevaluasi diri Anda dan membuat resolusi yang menjadikan Anda sosok lebih baik lagi.

Cobalah tengok kembali apa yang sudah Anda capai sembari melakukan refleksi diri. Pelajari apa yang membuat tujuan Anda gagal atau hal-hal yang berhasil Anda lakukan dan bagaimana cara mewujudkannya.

Usai menetapkan resolusi, jangan lupakan bermain game. Cobalah memainkan beberapa permainan masa kecil semisal monopoli, ular tangga, ludo, congklak, kartu remi dan lainnya yang paling populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Anda tidak akan menyadari saat jam menunjukkan pukul 24.00.

Jika tak tertarik game, Anda bisa menyalakan kembang api yang identik dengan perayaan tahun baru sembari menghitung mundur masuknya tahun 2021.

Pertimbangan jika mau adakan acara

Jika Anda ingin mengundang orang lain usahakanlah dalam jumlah sedikit dengan menerapkan protokol kesehatan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC).

Jika Anda tuan rumah, sebaiknya bicaralah dengan tamu sebelumnya untuk menetapkan ekspektasi perayaan, batasan jumlah tamu dan usahakan menggelar acara di luar ruangan. Jika di dalam ruangan, buka jendela dan pintu dan jagalah ventilasi udara tetap baik.

Bersihkan dan disinfeksi permukaan dan barang yang sering disentuh, mintalah tamu membawa makanan, minuman dan alat makan mereka sendiri.

Siapkan masker ekstra untuk tamu Anda dan mintalah mereka memakainya di dalam dan di luar ruangan. Ingatkan diri Anda dan tamu untuk tetap menjaga jarak.

Jika Anda menyetel musik, pertahankan volume musik agar tamu tidak perlu berteriak saat ingin berbincang.

Bila Anda yang menjadi tamu, bawalah makanan, minuman, dan alat makan sendiri, kenakan masker di dalam dan di luar ruangan dan simpan masker dengan aman saat makan dan minum.

Hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan yang dapat mengubah penilaian dan mempersulit penerapan tindakan pencegahan COVID-19, jangan berteriak dan bernyanyi dan hindari area di mana makanan disiapkan, seperti dapur.

Baca juga: Pertimbangkan hal ini kalau mau begadang saat Tahun Baru

Baca juga: Dokter paru: Hindari kerumunan saat malam tahun baru

Baca juga: Tips mulai resolusi tahun 2021

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1922240/ide-merayakan-tahun-baru-2021di-rumah-tanpa-gawai


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *