Hotel di China Layani Tamu Pakai Robot dan IoT

Sebagian besar operasional hotel yang berada di Hangzhou, China, menggunakan robot dan perangkat IoT. Hanya sedikit pegawai yang akan dijumpai oleh tamu di hotel yang diberi nama FlyZoo ini. Manusia hanya dipekerjakan untuk melakukan bersih-bersih.

Saat masuk ke hotel, robot setinggi satu meter akan menyambut tamu. Ia akan menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mengingat tamu-tamunya. Hotel juga akan mengunggah detil tamu mereka ke sistem keamanan publik nasional di China menggunakan mesin yang ditempatkan di lobi.

Begitu melakukan check-in, informasi tamu akan dibagi ke semua layanan di hotel. Sehingga, begitu tamu masuk lift, ia akan langsung diantar ke lantai yang dituju. Pintu kamar pun otomatis terbuka ketika kamera mengenali wajah tamu sebagai penghuni kamar.

Robot pun bisa melakukan layanan kamar, semisal untuk mengantarkan makanan. Speaker yang tertanam di area hotel bisa dgunakan untuk melakukan pengaturan suara (voice-control) terhadap semua perangkat yang ada di kamar. Mulai dari mengatur temperatur, intensitas cahaya, dan peralatan lainnya.

Lantas berapa harga yang harus dibayar untuk menginap di hotel canggih ini? FlyZoo menawarkan harga permalamnya sebesar 3000 yuan (sekitar Rp6,3 juta) sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Berdasarkan pantauan Fliggy, layanan travel Alibaba, sudah ada 942 pesanan untuk hotel ini.

Sumber : www.cnnindonesia.com