Hobi Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan

Sumber Foto : www.bulelengkab.go.id

1. Menari sebagai olahraga yang menyenangkan
Menari memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan ini adalah cara mudah untuk berolahraga bagi kebanyakan orang. Pikirkanlah, Anda tidak memerlukan banyak peralatan untuk menari, yang diperlukan hanya kaki Anda, beberapa nada, dan lebih disukai satu atau dua orang teman.

Menari adalah latihan kardio yang sangat baik, dan semua orang tahu bahwa latihan kardio membantu memperbaiki kesehatan kardiovaskular, meningkatkan stamina, dan memperkuat tulang dan otot.

Menari juga bagus untuk kesehatan otak. Sebuah studi di New England Journal of Medicine melaporkan adanya hubungan antara menari reguler dan penurunan risiko demensia sebesar 76 persen.

Sumber Foto : www.tiptrik88.blogspot.com

2. Berkebun baik untuk otak
Berkebun mungkin awalnya tidak seperti berolahraga, namun penelitian telah melaporkan bahwa banyak manfaat kesehatan tak terduga dikaitkan dengan menjaga kebun Anda agar teratur.

Pertama, tindakan sederhana untuk menarik gulma, menanam, dan meraih alat semuanya berkontribusi pada latihan aerobik yang halus, yang kita tahu membantu kerja otot dan meningkatkan kekuatan, stamina, dan fleksibilitas.

Selain itu, berada di luar rumah hanya baik untuk Anda. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa berkebun dan bersepeda teratur mengurangi kemungkinan kekurangan vitamin D pada orangtua.

Ada hubungan antara penurunan risiko demensia dan berkebun, dengan satu studi melaporkan risiko demensia 36 persen lebih rendah di antara orang-orang yang berkebun setiap hari.

Baik berkebun juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke hingga 30 persen pada tahun 2013, yang dilakukan oleh Institut Karolinska di Stockholm, Swedia.

Sumber Foto : www.pijarpsikologi.org

3. Menulis bisa menyembukan luka

Menulis telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, termasuk perbaikan ingatan, tingkat stres, dan tidur.

Beberapa penelitian, misalnya, telah menemukan bahwa menulis tentang pengalaman mereka membantu pasien kanker untuk menyembuhkannya, membantu pasien untuk menahan stres dan berpotensi berkontribusi terhadap hasil fisik yang lebih baik.

Secara keseluruhan, menulis adalah alat yang hebat untuk ekspresi diri, dan saat menulis tentang trauma bisa bersifat katarsis, ada juga kemungkinan manfaat sosial dalam menulis untuk khalayak publik. Blogging, misalnya, dapat membantu orang membangun hubungan baru dan membangun komunitas seputar kepentingan mereka.

Sumber Foto : www.hellosehat.com

4. Musik adalah obat
Bermain dan mendengarkan musik juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Pada tahun 2013, Medical News Today melaporkan tinjauan skala besar pertama atas makalah penelitian yang mempelajari pengaruh musik pada neurokimia.

Kajian tersebut menyarankan agar musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan mengurangi depresi.

Di antara pasien yang menunggu operasi, mendengarkan musik ternyata lebih efektif dalam mengurangi kecemasan daripada obat resep, dan mendengarkan serta memainkan musik dikaitkan dengan tingkat kortisol hormon stres yang lebih rendah.

Sumber Foto : www.alodokter.com

5. Hewan peliharaan bagus untuk jantung
Hewan peliharaan dari semua jenis bisa menjadi sahabat yang luar biasa, dan mereka dapat membantu kita menjadi lebih sehat dalam banyak hal.

Memiliki hewan peliharaan mungkin tidak hanya memberi kesempatan berolahraga, kegiatan di luar ruangan dan sosialisasi, juga dapat membantu menurunkan:

  • Tekanan darah
  • Kadar kolesterol
  • Trigliserida tingkat
  • Perasaan kesepian

Jika Anda memiliki hobi reguler yang Anda sukai, mengapa tidak meluangkan waktu memikirkan bagaimana Anda bisa menerapkan aktivitas hobi Anda untuk meningkatkan kesehatan Anda?

Sumber : www.doktersehat.com